Kerap Dipakai Para DJ, Drum Pad Controller Dijual Mulai Harga Ratusan Ribu Rupiah

Drum Pad Controller - www.gumtree.comDrum Pad Controller - www.gumtree.com

Drum mungkin bisa dibilang sebagai yang cukup ‘merepotkan’ karena per set-nya yang besar. Namun seiring berjalannya waktu, berkembang perangkat drum pad elektrik yang lebih ringkas dan hanya mengandalkan pad-pad tertentu untuk menghasilkan suara drum.

“Drum pad adalah alat yang berbahan dasar dari karet, bentuknya ada yang bulat, segi 8 atau segi 6, dan berfungsi sebagai pengganti snare drum, untuk kita rudiment atau sticking. Nah, drum pad ini tidak mengeluarkan suara yang keras sekali seperti snare drum, makanya sering digunakan oleh para drummer untuk melatih rudiment kapanpun dan di manapun,” demikian seperti dilansir Tekdung.

Tetapi sejak berkembangnya musik EDM (Electronic Dance Music), kehadiran drum pad pun mulai digeser oleh drum pad controller yang lebih ringkas lagi dan kerap digunakan oleh para disc jockey (DJ). Berbeda dari drum pad biasa yang berbentuk bulat dan agak besar, drum pad controller bentuknya menyerupai Launchpad dengan pad-pad berbentuk kotak dan berukuran kecil yang biasanya disusun berjajar.

drum pad DJ bermacam-macam, tergantung , seri, dan yang ditawarkan. Salah satu drum pad DJ yang cukup adalah keluaran Akai seri MPD218. Drum pad controller yang ringkas ini dijual dengan harga relatif terjangkau, sekitar Rp 1.559.000 di pasaran. Drum pad besutan Akai ini mengusung 16 pads dengan backlit atau lampu yang menyala, lengkap dengan 48 pads yang dapat diakses melalui 3 banks.

Jika ingin yang lebih murah lagi, ada Korg Nanopad 2 USB Drum Pad Slim-line Controller dengan harga hanya Rp 640 ribu saja. Berbeda dari seri Akai sebelumnya, nanoPAD2 besutan Korg ini punya ukuran yang jauh lebih kompak, ringan, dan ukurannya cocok untuk berbagai tipe laptop atau komputer. Nanopad2 dilengkapi 16 pad dan X-Y touchpad. Selain itu terdapat 4 bank untuk fitur pad, sehingga total terdapat 64 pengaturan pad.

Baik drum pad DJ merek Akai atau Korg yang disebutkan di atas bekerja dengan konektivitas USB tanpa perlu adapter tambahan. Dengan fitur konektivitas USB ini benar-benar mendukung mobilitas karena pengguna dapat membawanya ke mana saja dan menghubungkannya ke perangkat laptop atau PC secara praktis.

Loading...