Kerap Dipakai Obat Penurun Demam, Harga Paracetamol 1 Box Mulai Rp 32 Ribuan

Harga Paracetamol - plus.kapanlagi.comHarga Paracetamol - plus.kapanlagi.com

Konsumsi -obatan untuk mengatasi penyakit atau tertentu yang muncul, terutama pada -anak memang harus dilakukan secara cermat dan bijak. Pasalnya, jika salah dalam pemberian justru akan berpotensi memperparah penyakit yang diderita. Dibanding mengonsumsi keras sembarangan tanpa , masih lebih baik mengonsumsi obat-obatan bebas OTC (over the counter) yang relatif aman meski tanpa supervisi dari .

Ketika terserang demam berdarah misalnya. Gejala awal yang biasanya muncul adalah demam tinggi. Penyakit ini umumnya lebih banyak terjadi pada usia anak-anak dibandingkan orang dewasa. Ketika suhu badan tinggi, para orang tua bisa memberikan putra-putri mereka obat pereda panas. Menurut Dr Nina Dwi Putri, SpA(K), konsultan dan penyakit tropik anak, obat penurun panas yang bisa diberikan salah satunya adalah paracetamol.

Obat parasetamol sendiri umumnya tersedia dalam bentuk tablet maupun sirup. Obat paracetamol bisa dibeli dengan bebas tanpa resep dokter di sejumlah apotik. Adapun paracetamol per strip berkisar mulai Rp 2.365 untuk Bernofarm, sedangkan paracetamol Promed 500 mg harganya Rp 3.597 per strip (10 tablet). Lalu untuk paracetamol 500 mg 1 box (dus) besutan Kimia Farma di apotek dengan harga kisaran Rp 32.250 isi 10 strip x 10 tablet.

Dokter Nina juga menyarankan agar orang tua menghindari obat pereda panas seperti ibuprofen atau aspirin, karena obat-obatan tersebut kurang aman bagi anak. “Jika demam sangat mengganggu, anak bisa diberikan obat penurun panas yang aman seperti paracetamol, hindari obat penurun panas seperti ibuprofen atau aspirin,” papar dr. Nina, seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut dr. Nina mengatakan, penyakit demam berdarah juga sebenarnya tidak perlu mengonsumsi antibiotik atau antivirus. Pemulihan yang lebih cepat dan diutamakan adalah istirahat serta lebih banyak minum. “Infeksi dengue tidak memerlukan antibiotik dan antivirus. Pengobatan utama infeksi dengue adalah istirahat dan penggantian cairan,” tutur dr. Nina.

Selain untuk menurunkan demam, paracetamol juga diketahui memiliki indikasi sebagai obat untuk meredakan sakit kepala, sakit , myalgia, dan sebagainya. Dosis atau aturan minum paracetamol pada orang dewasa yang dianjurkan biasanya adalah 3-4 kali sehari 1 tablet dan diminum sesudah makan.

Loading...