Kerap Dimanfaatkan Untuk Ruam Pada Bayi, Harga Salep Elocon 10 gr Rp95 Ribuan

Harga, salep, lotion, cream, Elocon, 10, gr, manfaat, eksim, ruam, kemerahan, kulit, pipi, bayi, dosis, pemakaian, efek samping, anjuran, resep, dokter, anak, dewasa, aman, dermatitis, infeksi, jamur, kudis, panu, jerawat, mometason furoat, bahan, psoriasis, spesialis, golongan, steroid, gatalRuam pada kulit bayi (sumber: parents.com)

kerap mengalami kemerahan pada pipi. Keadaan timbulnya pada pipi bayi dapat disebabkan karena beberapa keadaan, seperti , misalnya karena jamur, bakteri, atau virus (biang keringat, panu, kudis) atau dermatitis atopik, dermatitis kontak, trauma, dan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, biasanya bayi akan diberi salep atau obat tertentu lainnya yang aman bagi bayi.

Salah satu merek salep yang kerap diresepkan oleh dokter adalah salep Elocon. Elocon adalah obat yang termasuk golongan kortikosteroid topikal. Obat ini mengandung Mometason Furoat sebagai bahan aktifnya sehingga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi peradangan non infeksi pada seperti eksim, alergi, ruam dan psoriasis.

Salep Elocon merupakan merupakan obat yang berisikan mometason furoat sebagai salah satu golongan steroid. Obat ini memang digunakan untuk membantu peradangan namun tidak disarankan menggunakan obat ini tanpa resep dari dokter.

Penggunaan salep ini untuk -anak atau dewasa harus menggunakan resep dokter. “Sebaiknya Anda tidak memberikan salep atau obat pada bayi Anda tanpa resep dari dokter. Disarankan Anda memeriksakan bayi Anda pada dokter spesialis . Dokter akan memeriksa bayi Anda dan memberikan penanganan yang tepat pada bayi,” kata dr. Uswatun Hasanah dari Alodokter.

Elocon merupakan obat yang diaplikasikan secara langsung pada permukaan kulit. Beberapa pabrik memproduksi obat yang mengandung Mometason Furoate ini dengan nama Elocon, sehingga Elocon memiliki berbagai variasi bentuk dalam pemasarannya, yaitu Elocon Salep, Elocon , dan Elocon Lotion. Untuk salep Elocon 10 gr biasanya dengan kisaran Rp95 ribuan.

Harga, salep, lotion, cream, Elocon, 10, gr, manfaat, eksim, ruam, kemerahan, kulit, pipi, bayi, dosis, pemakaian, efek samping, anjuran, resep, dokter, anak, dewasa, aman, dermatitis, infeksi, jamur, kudis, panu, jerawat, mometason furoat, bahan, psoriasis, spesialis, golongan, steroid, gatal

Salep Elocon biasa digunakan untuk masalah ruam pada kulit bayi (sumber: Bukalapak)

Elocon pada orang tertentu pernah dilaporkan menimbulkan beberapa efek samping, misalnya gatal, rasa terbakar, kesemutan/menyengat, penipisan kulit, munculnya pembuluh darah kecil di permukaan kulit, stretch mark atau goresan pada kulit, jerawat/benjolan pada kulit/lecet berisi nanah.

Selain itu, beberapa orang juga mengalami kemerahan, bisul atau abses, dermatitis, peningkatan ukuran daerah yang terkena/memburuknya penyakit, mati rasa, kulit kering, dan peradangan akar rambut.

Untuk mengantisipasi terjadinya efek samping tersebut, pengguna harus mengaplikasikan salep sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter. Penggunaan obat kurang dari yang seharusnya, mungkin menyebabkan obat tidak bekerja dengan baik sehingga masalah kulit mungkin tidak membaik. Sementara penggunaan obat lebih sering dari yang seharusnya mungkin tidak lebih cepat memperbaiki masalah kulit, malah dapat menyebabkan peningkatan efek samping.

Salep Elocon sebaiknya tidak digunakan pada kulit dekat mata. Ketika menggunakan obat pada daerah popok sebaiknya tidak menggunakan popok yang ketat. Sebaiknya, jangan menggunakan salep dalam jumlah besar untuk waktu yang lama, karena kemungkinan penyerapan melalui kulit dan kemungkinan timbulnya efek samping. Segera beritahu dokter apabila timbul efek samping atau tidak terjadi perbaikan dalam waktu satu minggu.

Loading...