Kerap Dimanfaatkan Sebagai Disinfektan, Harga HgCl2 Berkisar Mulai Rp 200 Ribuan

Harga HgCl2 - (Youtube: mun còi)Harga HgCl2 - (Youtube: mun còi)

Merkuri adalah cair yang banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air, dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik. Dalam kehidupan sehari-hari merkuri berada dalam 3 bentuk dasar, antara lain merkuri elemental (Hg) yang biasa terdapat dalam termometer atau tensimeter, kemudian merkuri inorganik seperti merkuri klorida (HgCl2) dan mercurous chloride (HgCl), serta yang terakhir merkuri organik dalam bentuk metil merkuri dan etil merkuri atau alkil dan aryl rantai panjang.

Adapun untuk merkuri klorida (HgCl2) adalah bentuk Hg inorganik yang sangat toksik, kaustik, dan biasa digunakan sebagai disinfektan. “Mercury chloride mempunyai kegunaan di bidang industri kimia untuk pembuatan vinyl chloride atau polyvinyl chloride dan fotografi. Sedangkan di industri baterai mempunyai untuk depolarisasi atau menghilangkan arus listrik,” kata salah satu bahan kimia di Jakarta Utara.

Walaupun beracun, HgCl2 masih banyak karena dibutuhkan untuk keperluan tertentu. HgCl2 atau Mercury (II) chloride di pasaran cukup bervariasi, tergantung ukurannya. Sebagai , HgCl2 kemasan 1 gram harganya dibanderol Rp 200 ribuan, kemudian ada pula HgCl2 kemasan 25 gram yang dijual seharga Rp 1,65 jutaan, hingga HgCl2 ukuran 50 gram yang harganya mencapai Rp 2,2 jutaan per botol.

Perlu diketahui, bahwa di antara berbagai macam logam berat yang ada, merkuri dan turunannya disebut-sebut sebagai bahan pencemar paling berbahaya. Semua senyawa Hg bersifat toksik untuk makhluk hidup. Pasalnya, senyawa Hg akan tersimpan dan terakumulasi secara permanen di dalam tubuh, kemudian menyebabkan terjadinya inhibisi enzim dan kerusakan sel sehingga tubuh pun akan rusak secara permanen.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meskipun sangat berbahaya, merkuri klorida tetap menjadi bahan yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu. Hingga kini merkuri klorida atau HgCl2 kerap dimanfaatkan sebagai antiseptik atau disinfektan. Selain itu, HgCl2 juga dipakai sebagai katalis, industri baterai kering, fungisida dalam pengawetan kayu, bahan cat, pestisida, hingga digunakan dalam tekstil. Yang perlu diwaspadai, penggunaan HgCl2 harus dilakukan dengan sangat hati-hati untuk meminimalisir segala risiko berbahaya yang kemungkinan dapat ditimbulkan.

Loading...