Kerap Dimainkan Dalam Genre Musik Jazz, Ini Harga King 1501 Trumpet

Harga, king, 1501, trumpet, trompet, terompet, alat, musik, klasik, jazz, merk, merek, untuk, pemula,King 1501 Trumpet (source: Gumtree.com)

Trumpet (terompet) merupakan alat tiup atau instrumen yang kerap digunakan dalam genre jazz atau . Alat ini memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embochure (posisi bibir) untuk mendapatkan nada yang berbeda.

Bahan trompet terdiri dari logam, memiliki 3 tombol dan dimainkan dengan cara ditiup sambil menekan tombol-tombol tersebut. Walaupun hanya 3 tombol, namun cara memainkannya tidak sembarangan. Perlu pengaturan napas ketika sedang meniup, ada trik khusus untuk menghasilkan do rendah dan do tinggi dengan trik tiupan agar suara naik ke oktaf yang tinggi.

Ada beberapa trompet mulai dari B♭, C, D, E♭, E, F, G dan A, namun yang paling umum adalah B♭. Akan tetapi lainnya juga dapat ditemukan. Misalnya trompet C yang kerap digunakan dalam orkestra Amerika. Trompet ini memiliki bentuk yang lebih kecil sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih cerah dan hidup dibandingkan dengan trompet B♭.

Semua orang bisa memainkan alat musik tiup yang satu ini, namun dalam memainkannya tentu dibutuhkan napas yang panjang dan kuat. Untuk perokok mungkin sedikit sulit memainkannya karena memiliki napas yang lebih pendek ketimbang mereka yang bukan perokok. Maka dari itu, jika seorang pemula ingin dapat memainkan trompet atau bahkan ingin menjadi peniup trompet, disarankan agar tidak merokok.

“Itu (trompet) bisa dimainkan secara brilian dengan kesenangan sekaligus bisa dimainkan secara melankolis dengan kesedihan. Spektrum emosinya sangat cepat,” tutur Chris Botti, pemain trompet terkenal asal Amerika, dilansir dari Kompas.

Pemain trumpet (trumpethub.com)

Untuk mempelajari alat musik trompet dapat dikatakan gampang-gampang susah. Karena pemain harus bisa menghasilkan berbagai nada hanya dengan tiga tombol saja. Selain itu, langkah awal yang harus diperhatikan oleh seseorang yang ingin mempelajari alat musik yang satu ini adalah mengerti nada dasar seperti Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do atau jika di jadikan kord yaitu C, D, E, F, G, A, B, C.

Apabila seseorang telah terlebih dahulu mengerti nada dasar tersebut di alat musik gitar ataupun piano, maka ia akan cepat bisa memainkan trumpet ini. Sebaliknya, bila ia belum paham dengan nada dasar, maka diperlukan waktu yang lebih lama untuk bisa paham nada trumpet.

Ada banyak produsen alat musik yang memproduksi trumpet, bahkan beberapa dari brand tersebut dijadikan rekomendasi bagi pemula yang ingin mempelajari trompet karena harganya yang murah namun memiliki kualitas yang lumayan bagus. Beberapa trumpet untuk pemula biasanya hasil produksi dari China, seperti merk Lark dan Cavalier.

Apabila seorang pemula mulai mahir memainkan trumpet, barulah mencari referensi trumpet yang dipakai oleh musisi . Kebanyakan produsen trumpet yang digunakan oleh berasal dari Eropa ataupun Amerika. Salah satu produsen trumpet kenamaan yang cukup populer di kalangan peniup trompet adalah King yang berasal dari USA.

King sendiri telah memproduksi banyak model dan tipe trumpet, misalnya Vintage King Triumphal Trumpet Extremely Rare yang dijual dengan Rp14 jutaan, New King 2055S Intermediate Bb Trumpet dijual dengan Rp20 jutaan, H.N. White King Super 20 Symphony DB Trumpet seharga Rp24 jutaan, atau King 1501 Trumpet yang dijual dengan lebih murah yakni Rp10 jutaan.

Loading...