Kerap Dikonsumsi untuk Diet, Harga Beras Merah di Indomaret Dibanderol Rp 28 Ribuan

harga beras merah indomaret

yang dapat dikonsumsi untuk sehari-hari memang cukup banyak jenisnya. Selain putih, ada pula beras lain seperti beras merah dan beras hitam. Dibandingkan beras putih, beras merah dan beras hitam disebut-sebut lebih menyehatkan karena memiliki kandungan kalori yang lebih rendah. Dari segi , beras merah sendiri memang umumnya dijual lebih mahal dibandingkan beras putih biasa. Beras merah bisa didapatkan dengan mudah di berbagai , pasar, hingga mini market seperti Indomaret dan Alfamart.

Menurut ahli pangan dari IPB, Prof. dr. Ahmad Sulaiman, beras merah memiliki banyak kelebihan, antara lain dapat dikatakan sebagai bahan organik karena jarang diberi pestisida dan jarang dipupuk untuk dapat tumbuh. Di samping itu, kulit ari yang ada pada beras merah rupanya mengandung serat 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan beras putih, serta mengandung asam lemak esensial dan kadar zat yang lebih tinggi. Tak ayal jika beras merah kerap dijadikan untuk diet.

“Yang paling penting kandungan tiamin atau vitamin B1-nya, yang berfungsi dalam metabolisme karbohidrat atau energi dan juga neurotransmitter,” ujar Ahmad, seperti dilansir Detik.

“Di beras merah juga ada antioksidan dari selenium dan polifenol. Makin pekat warnanya maka kandungan antioksidannya lebih tinggi,” imbuh dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Saptawati Bardosono, SpGK, MSc.

Selenium dikenal penting untuk berbagai enzim, sedangkan warna merah pada nasi merah ini adalah pigmen yang mengandung antioksidan dan dapat mencegah proses oksidasi lemak. Beras merah pun disebut-sebut memiliki kadar indeks glikemik lebih rendah, sehingga tak cepat menaikkan kadar gula darah.

Di mini market seperti Indomaret, beras merah biasanya tersedia dalam kemasan isi 2 kg dan dengan harga sekitar Rp 28.900. Sementara itu beras merah Alfamart harganya lebih murah, yakni Rp 27.900 per 2 kilogram. Ada pula beras merah merek lain seperti Finna kemasan 500 gram yang harganya Rp 12.000, kemudian beras merah organik 2 kg Rp 75.000.

Loading...