Kerap Dikonsumsi Sebagai Obat Radang Tenggorokan, Harga FG Troches 1 Strip Mulai Rp 10 Ribuan

FG Troches 1 Strip - www.tokopedia.comFG Troches 1 Strip - www.tokopedia.com

Radang bisa menjadi salah satu penyakit yang cukup mengganggu keseharian seseorang. Terlebih jika radang kerap terjadi dalam jangka waktu yang lama. Beberapa orang mungkin memilih untuk mengatasinya dengan cara atau bahan-bahan alami, namun ada juga yang datang ke dokter dan memperoleh untuk mengonsumsi antibiotik seperti FG Troches.

FG Troches sendiri adalah tablet isap antibiotik untuk radang tenggorokan Meiji. Antibiotik yang mengandung komposisi utama berupa fradiomycin dan gramicidin ini biasanya di sejumlah apotik maupun obat. FG Troches 1 strip biasanya berkisar mulai Rp 10 ribuan. Namun di apotek seperti K24, FG Troches dijual per tablet dengan Rp 1.483.

Sayangnya, antibiotik yang tergolong obat keras ini masih banyak dijual secara bebas di sejumlah apotek. Padahal dosis atau penggunaan antibiotik macam FG Troches harus sesuai dengan resep dokter. Antibiotik pun pada dasarnya bukanlah obat yang bisa mengatasi semua penyakit, sifatnya hanya untuk mengobati penyakit yang diakibatkan bakteri, bukan virus atau parasit lainnya.

Konsumsi antibiotik selain untuk mengatasi bakteri justru disebut-sebut dapat berisiko buruk untuk kesehatan. Bahkan hingga kini antibiotik kerap diberikan ketika penyakit masih belum diketahui secara pasti. “Antibiotik hanya untuk penyakit akibat bakteri, yang pemberiannya didului tes laboratorium,” ujar Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) Harry Parathon, seperti dilansir Detik.

Menurut Harry, masyarakat harus lebih kritis apabila dokter meresepkan antibiotik tanpa didahului dengan tes lab. Pasalnya pemberian antibiotik secara berulang sebenarnya dilarang karena bisa berpotensi menyebabkan seseorang mengalami resistensi antimikroba.

Masyarakat dapat membedakan gejala penyakit yang diakibatkan bakteri atau virus secara mandiri. Dilansir dari berbagai sumber, gejala penyakit akibat bakteri misalnya saja hidung berlendir, demam, atau kadang batuk. Sedangkan gejala lainnya adalah sakit di tenggorokan, telinga, dan sesak napas. Sementara itu, gejala infeksi virus antara lain hidung berair, batuk, dan kadang diselingi sakit tenggorokan.

Selain FG Troches, Meiji pun memproduksi SP Troches yang bisa dikonsumsi secara bebas tanpa perlu resep dokter. SP Troches tersedia dalam berbagai pilihan rasa seperti melon atau kopi dengan harga antara Rp 8.790 – Rp 9.730 per strip.

Loading...