Kerap Dikonsumsi Bayi Alergi, Apa Beda Susu Bebas Laktosa dengan Susu Formula Biasa?

Susu Bayi - www.vemale.comSusu Bayi - www.vemale.com

Beberapa ibu yang baru memiliki pengalaman melahirkan mungkin mengalami masalah pada air susu ibu (ASI), sehingga membuat mereka khawatir dan memutuskan untuk memberikan susu formula pada bayinya. Namun masalah rupanya tak berhenti sampai di situ. Terkadang bayi yang diberikan sufor justru mengalami diare. Apakah ini merupakan pertanda bayi mengalami intoleransi laktosa? Susu formula seperti apa yang tepat diberikan bagi bayi intoleransi laktosa?

Menurut pakar laktasi dan ibu menyusui dari RS Permata Depok, dr Asti Praborini, SpA, IBCLC, bayi bisa saja mengalami intoleransi laktosa karena pemberian susu formula sebelumnya. Meski demikian, bayi dengan intoleransi laktosa sebaiknya tetap diberikan full ASI, karena laktosa dalam ASI sifatnya mudah dicerna oleh bayi dan dapat membantu regenerasi sel-sel usus sehingga mempermudah pengendalian intoleransi laktosa.

“Jika saat ini bayi sudah full ASI, Ibu tidak perlu diet ketat menghindari dairy products atau atau yang berbahan dasar susu sapi. Untuk dapat mengetahui anak mengalami intoleransi laktosa atau alergi susu sapi, sebaiknya pergi ke spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” beber dr. Asti, seperti dilansir Detik.

Sementara itu, dr. Irvandi dari Alodokter menjelaskan bahwa pada dasarnya tak ada perbedaan mendasar antara susu formula dengan laktosa maupun susu bayi bebas laktosa. “Pada dasarnya tidak ada perbedaan kecuali kandungan dari protein dari susu sapi ataupun glukosa yang terkandung dalam susu dengan laktosa ataupun bebas laktosa. Keduanya baik digunakan pada bayi asal tidak menyebabkan alergi pada susu. Karena pada susu formula dengan bebas laktosa juga diberikan kandungan-kandungan zat gizi guna perkembangan dan pertumbuhan si kecil,” ujarnya.

Anak yang mengalami alergi laktosa biasanya memang dianjurkan untuk mengonsumsi susu bayi bebas laktosa agar tidak memunculkan reaksi alergi seperti diare atau sebagainya. Saat ini ada beberapa merek susu bayi rendah dan bebas kandungan laktosa di . Merk susu bayi bebas laktosa yang cukup populer antara lain Nestle NAN Lactose-Free untuk usia 0-12 bulan, Bebelove FL umur 0-12 bulan, SGM LLM+ Bebas Laktosa untuk bayi 0-12 bulan, hingga Enfamil A+ Lactofree 0-12 bulan. Karena diolah secara khusus, susu bayi bebas laktosa biasanya lebih mahal dari susu formula biasa.

Loading...