Kerap Digunakan Usaha Komersial, Harga Tabung Gas LPG 50 Kg Dijual Variatif

Tabung Gas LPG 50 Kg - www.tokopedia.comTabung Gas LPG 50 Kg - www.tokopedia.com

Selain LPG 3 kg ( hijau) yang ditujukan untuk rakyat miskin, PT Pertamina sebenarnya memiliki banyak gas elpiji lainnya, antara lain LPG 12 kg ( biru) dan Bright Gas 12 kg yang banyak digunakan untuk keperluan , Bright Gas 5,5 kg, hingga LPG 50 kg (tabung merah) yang kerap dipakai untuk keperluan . daerah biasanya sudah menerapkan eceran tertinggi (HET) resmi untuk setiap produk gas LPG dari Pertamina tersebut. Namun pada praktiknya, di terkadang seringkali lebih mahal dari yang semestinya.

Sebagai informasi, harga untuk tabung gas LPG 50 kg misalnya, berdasarkan penelusuran di sejumlah situs jual beli online, tabung gas elpiji 50 kg kosong dalam kondisi bekas mulai harga Rp 850 ribu hingga mencapai Rp 1,1 jutaan per tabung. Jika ingin membeli tabung gas LPG 50 kg dengan isinya, harga yang berkisar Rp 1,9 jutaan, sedangkan untuk isi ulang (refill) LPG 50 kg dikenai harga sekitar Rp 600-620 ribuan.

Meski ditujukan untuk bisnis yang membutuhkan penggunaan gas elpiji dalam skala besar seperti bisnis kuliner, nyatanya hingga kini masih banyak pihak-pihak tak bertanggungjawab yang menyalahgunakan gas LPG dan mengoplos elpiji subsidi 3 kg ke dalam LPG 50 kg maupun 12 kg. Hal ini tentunya merugikan masyarakat. Oleh sebab itu Pertama selalu mengimbau dan mengedukasi masyarakat untuk membeli LPG di agen atau pangkalan resmi Pertamina.

Menurut Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati, pembelian LPG selain di agen atau pangkalan resmi Pertamina memiliki berbagai risiko. “Yang pertama adalah unsur safety. Misalkan tabung yang sudah pernah dioplos seperti ini, sudah tidak aman terutama di bagian valve (katup) karena pernah dioplos secara paksa,” kata Dian, seperti dilansir situs resmi Pertamina.

Kemudian risiko kedua adalah dari segi harga. Seperti diketahui, harga pembelian LPG di agen dan pangkalan resmi Pertama memakai harga resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “Apabila masyarakat ada yang menemukan LPG non subsidi (selain LPG 3kg) dengan harga yang jauh lebih murah, maka perlu diwaspadai, karena kemungkinan hasil pemindahan LPG dari tabung 3 kg,” jelas Dian.

Loading...