Kerap Digunakan untuk Tekanan Tinggi, Harga Selang Steam 100 Meter Mulai Rp 500 Ribuan

Harga Selang Steam - jualbeli.mysenaraiharga.orgHarga Selang Steam - jualbeli.mysenaraiharga.org

Saat ini pencucian menggunakan steam atau dengan semprotan tekanan tinggi memang cukup disukai. Alasannya karena dengan menggunakan semprotan bertekanan tinggi itu maka debu-debu, lumpur, dan kotoran lain yang melekat di bodi maupun area-area sulit terjangkau menjadi lebih mudah dibersihkan. Akan tetapi, meski ada sisi baiknya, di sisi lain mencuci dengan steam juga ada dampak buruknya.

Menurut M Abidin, GM aftersales & motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mencuci sepeda motor pada dasarnya cukup dilakukan dengan aliran air dari selang tanpa menggunakan tekanan yang terlalu besar. “Bukan enggak boleh ya dicuci dengan air bertekanan atau di-steam, tapi disarankan cukup dengan air yang mengalir. Ini untuk mencegah kerusakan pada komponen-komponen sepeda motor saat terkena tekanan air tadi,” kata Abidin, seperti dilansir Okezone.

Lebih lanjut Abidin menjelaskan, mencuci dengan air bertekanan tinggi berpotensi untuk merusak bagian kisi-kisi radiator motor. Pasalnya, tekanan air tinggi serta bulirannya cenderung kecil dan tajam, sehingga bisa dengan mudah menyerap masuk. Hal itu juga bisa mempengaruhi pengapian motor. “Jadi air bertekanan untuk bagian yang keras dan relatif aman saja, seperti pelek dan cover bodi. Speedometer juga sebaiknya jangan. Bodi motor pun jika ada stikernya, kalau sering-sering dicuci seperti itu bisa rusak,” tandas Abidin.

Sebagai informasi, alat atau steam biasanya menggunakan selang khusus yang memang diperuntukkan air bertekanan tinggi. Selang itu kerap disebut selang steam. Selain untuk steam, biasanya selang dengan serupa juga bisa dipakai sebagai selang kompresor. Harga selang steam cukup , tergantung ukuran, , dan kualitasnya.

Di sejumlah situs jual beli , harga selang steam per roll 100 meter merek Tomeco dijual dengan harga Rp 1 juta, kemudian ada juga merk Matrix 100m 5 ply 200 bar seharga Rp 600 ribu, merek Xenon 100 meter harganya Rp 500 ribu, merek Tora 100 meter Rp 943 ribu, hingga Yoxspray Japan 100 meter 8,5 mm x 14 mm WP 40 bar dibanderol seharga Rp 1,5 juta

Loading...