Kerap Digunakan Untuk Pelapis Kayu atau Triplek, Harga HPL Taco Mulai Rp60 Ribuan

Harga, pelapis, triplek, HPL, high, pressure, laminate, kayu, taco, per, meter, kelebihan, kekurangan, kitchen, set, selain, multiplek, plywood, furniture, cat duco, elegan, finishing,Ilustrasi: memilih pelapis plywood untuk furnitur

Dapur adalah sebuah ruangan yang memegang peran penting dalam sebuah . Dapur menjadi tempat di mana segala kegiatan mengolah hingga menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga lainnya dilakukan. Suasana di dapur tentunya sangat menentukan semangat tidaknya seseorang dalam memasak. Beberapa orang akan semangat memasak kalau tampilan dapurnya cantik, bersih dan tertata dengan rapi.

Di era modern saat ini yang menuntut semuanya tampil serba modern, elegan, dan minimalis berimbas juga pada tampilan dapur. Saat ini telah hadir inovasi baru yaitu kitchen set yang mampu membuat tampilan dapur menjadi jauh lebih menarik dan elegan. Sebelum membeli kitchen set, bukan hanya kitchen set murah yang harus diperhatikan, namun juga harus mengetahui material pembuatnya, karena terdapat beragam material yang berbeda untuk set dapur.

Multiplek atau merupakan jenis terkuat. dasar yang digunakan untuk triplek atau multiplek adalah kulit kayu berlapis yang dipress dengan tekanan tinggi. Kayu meranti termasuk salah satu jenis kayu yang sangat kuat dan awet. Multiplek atau plywood memiliki tekstur lapisan kayu yang begitu rapat, hal ini yang membuatnya lebih kokoh dan memiliki daya tahan terhadap air yang baik. Karena daya tahan terhadap air baik maka multiplek atau plywood dinilai cocok digunakan sebagai material set dapur, terutama dapur basah.

Bahan yang disarankan biasanya multiplex atau plywood, karena selain tahan terhadap rayap, partikelnya juga lebih padat sehingga lebih tahan lama dan kuat untuk pemasangan sekrup. “Anda juga bisa memakai kayu solid seperti atau meranti, tapi akan memakan biaya yang sangat mahal dan itu bisa menyulitkan jika budget Anda terbatas,” seperti dikutip dalam laman Mabeslor.

Multiplek terdiri dari kombinasi serat-serat kayu dan kulit kayu di mana permukaan luarnya lebih kuat dibandingkan dengan permukaan tengah, hal ini difungsikan agar multiplek tahan terhadap pemuaian dan tidak mudah ditekuk. Dengan pemakaian yang baik material ini mampu bertahan hingga 10 tahun. Dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh multiplek, material ini dianggap cocok untuk membangun rumah, salah satunya kitchen set.

Selain multiplek, HPL atau High Pressure Laminate merupakan bahan pelapis berbentuk lembaran yang digunakan sebagai penutup paling atas suatu furniture atau mebel. Dengan kata lain HPL ini dapat digunakan sebagai pelapis kayu ataupun bahan triplek. HPL terbuat dari resin dan decorative paper yang memiliki corak dan warna yang beragam yang dapat untuk menambah kesan estetika kitchen set.

HPL memiliki beberapa kelebihan, di antaranya sangat praktis untuk diaplikasikan, terdapat beragam corak dan warna yang dapat dipilih. Pelapis lembaran HPL mudah sekali untuk dibersihkan serta aman dan ramah lingkungan. Untuk masalah , tak perlu khawatir karena HPL ini tergolong kompetitif. Misalnya untuk merek Taco HPL Rp60 ribu hingga Rp100 ribuan per 1,25 meter.

Namun, dari segi estetika, corak dan warna milik HPL masih kalah dengan pelapis finishing lain seperti cat duco yang tampil jauh lebih menawan dan elegan. Bila dibandingkan dengan decosit, HPL dipatok dengan harga lebih mahal. Biarpun diklaim sebagai bahan finishing alternatif, bagian edging mebel tetap harus dilakukan secara manual juga.

Loading...