Kerap Digunakan Sebagai Obat Diare, Harga Zinkid Tablet Rp 33 Ribuan per Strip

Zinkid Tablet - www.bukalapak.comZinkid Tablet - www.bukalapak.com

Masalah diare pada anak dan orang dewasa memang tak bisa diatasi secara sembarangan. Pasalnya jika terus dibiarkan berkepanjangan, diare bisa berisiko mengganggu perkembangan anak. Diare sendiri disebut-sebut sebagai yang menyebabkan kematian tertinggi nomor dua di Indonesia. Diare disebabkan oleh rotavirus yang menyerang anak dan dapat mengakibatkan kematian.

Anak yang mengalami diare biasanya akan banyak mengeluarkan dan elektrolit. tersebut tak dapat digantikan oleh air biasa. Biasanya diare dianjurkan untuk mengonsumsi oralit. Selain oralit, mencukupi kebutuhan zinc pada anak juga penting selama mereka menderita diare.

“Pemberian olarit tersebut dapat mengatasi dehidrasi dan menurunkan angka kematian. Tetapi, tidak menurunkan lamanya dan beratnya diare,” ujar DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K) di Jakarta Pusat, seperti dilansir Akurat.

Namun menurut dr. Ariani, pemberian oralit sifatnya hanya dapat menggantikan cairan yang hilang saja, tetapi tidak bisa menghilangkan kesakitan yang ditimbulkan oleh diare. “Maka dari itu, jika anak terkena diare, diperlukan juga untuk mengonsumsi zinc,” papar dr. Ariani.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa diare juga dapat menyebabkan kerusakan pada usus yang mengharuskan anak untuk mengonsumsi zinc. “Peran zinc di usus dapat membantu pembersihan kuman oleh sistem imun, mempertahankan keutuhan saluran ion dan membran sel, memperbaiki penyerapan air dan elektrolit, regenerasi dan pemulihan fungsi sel usus serta, meningkatkan kadar enzim di puncak sel usus,” beber dr. Ariani.

Saat ini kebutuhan asupan zinc bisa dipenuhi dengan atau tertentu, misalnya saja Zinkid produksi PT Indofarma. Zinkid tersedia dalam bentuk sediaan sirup dan tablet. Adapun Zinkid 20mg tablet dibanderol Rp 33.550 per strip di apotik, sedangkan Zinkid Syrup 100 ml 10mg/5 ml harganya berkisar Rp 36.905 per botol di apotek.

“Untuk zinc berikan dosis penuh 10 hari berturut-turut walaupun diarenya sudah selesai sebagai perlindungan 2-3 bulan ke depan,” ungkap Direktur Penyakit Menular Langsung Dirjen P2PL Kesehatan, DR Wiendra Waworuntu, MKes.

Dosis zinc pada bayi usia kurang dari 6 bulan yaitu 10 mg sekali sehari selama 10 hari. Sementara itu pada bayi di atas umur 6 bulan dosis yang disarankan 20 mg. Selain mengatasi diare, zinc juga dapat membantu menjaga kesehatan, pertumbuhan anak, meningkatkan selera makan, serta menurunkan angka kejadian disentri dan pneumonia.

Loading...