Kerap Buka Pesantren Kilat Saat Ramadan, Biaya Ponpes Lirboyo Kediri Dipatok Terjangkau

Ponpes Lirboyo Kediri - www.ppmaswaja.orgPonpes Lirboyo Kediri - www.ppmaswaja.org

Pada dasarnya setiap dibangun untuk mempermudah mendalami . Namun pada perjalanannya metode yang diterapkan bisa berbeda-beda. Salah satu ponpes yang cukup terkemuka di Jawa Timur, yakni Ponpes Lirboyo Kediri mungkin bisa menjadi ponpes yang unik di . Ponpes yang sudah dibangun sejak puluhan tahun silam ini masih sarat dengan kesederhanaan. Tak heran jika biaya di Ponpes Lirboyo Kediri pun cukup murah.

Bayangkan saja untuk pembayaran pondok setiap bulan di Ponpes Lirboyo Kediri hanya berkisar Rp 26 ribuan saja. Kemudian untuk biaya madrasah setiap bulan dibedakan berdasarkan jenjangnya. Adapun kelas I-II Ibtidaiyah dikenai biaya sekitar Rp 22.250 per bulan, kelas III-IV Ibtidaiyah Rp 23.250 per bulan, tingkat Tsanawiyah Rp 24.000 per bulan, tingkat Aliyah Rp 25.000 per bulan, dan I’dadiyah Rp 21.700 per bulan.

Pondok pesantren yang terletak di sebelah barat Sungai Brantas, di lembah Gunung Wilis, Kota Kediri ini juga menetapkan persyaratan pendaftaran yang cukup mudah. Untuk pondok, calon santri hanya perlu mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan foto hitam putih 3×4, fotokopi KK, membayar uang pendaftaran dan administrasi, serta menaati tata tertib Ponpes Lirboyo. Tak jauh berbeda, pendaftaran Madrasah pun syaratnya juga demikian dan calon pendaftar dikenai biaya pendaftaran Rp 15 ribu saja.

Setiap kali memasuki bulan Ramadan, biasanya Ponpes Lirboyo juga kedatangan ribuan santri dadakan yang ingin mengikuti kegiatan pesantren kilat di Lirboyo. Usia peserta pun beragam, mulai dari belasan sampai puluhan tahun. “Mereka bukan santri reguler di sini,” ujar Adi Asmuni, pengurus Pondok Pesantren Lirboyo, seperti dilansir Tempo.

Selama 21 hari di bulan Ramadan santri dadakan ini akan mempelajari kitab kuning dan mengikuti program mengaji dasar. pengajian dan aturan lainnya pun tidak terlalu ketat layaknya santri reguler. “Bebas mau ngapain karena sedang puasa,” ungkap Adi.

Tahun 2017 lalu biaya mendaftar pesantren kilat di Ponpes Lirboyo Kediri juga tidak terlalu mahal, hanya Rp 35 ribu saja. Para santri akan tinggal di kamar-kamar pondok yang ditinggalkan oleh para santri yang sedang mudik. Jika malas masak sendiri saat sahur, sudah tersedia kantin dengan menu makanan murah seharga Rp 2.500 – Rp 3.000 saja per porsi.

Loading...