Kerap Berfluktuasi, Berapa Harga Telur 1 Peti Saat Ini?

harga telur 1 peti

telur belum lama ini merangkak naik, terutama karena bertepatan dengan perayaan 2017. Permintaan yang tinggi menjadi alasan mengapa salah satu kebutuhan pokok tersebut pun terpantau naik hingga 300 persen per kilogram. telur per 1 peti memang kerap mengalami fluktuasi, terutama jika menjelang perayaan-perayaan penting seperti maupun Hari Raya Kurban.

Di Pagi Tegal, harga telur mulai merangkak naik sejak (23/8). Harga telur berangsur naik dari hari ke hari dengan kisaran kenaikan antara Rp 200 hingga Rp 500 per kg. “Akibat kenaikan itu saat ini harga telor sudah mencapai Rp 19.500 dari sebelumnya yang hanya Rp 18.500 per kilogramnya,” kata salah satu bernama Joss, seperti dilansir Radar Tegal.

Karena adanya kenaikan harga, penjualan telur pun turun. Apabila biasanya Joss sanggup menjual 60 peti telur, maka kini hanya sekitar 40 peti saja yang laku terjual. Bahkan menurutnya ketika hari H Idul Adha harga telur mencapai Rp 21 ribu per kg.

Sementara itu, harga telur ayam saat ini (per tanggal 2 September 2017) di wilayah Jakarta rata-rata berkisar Rp 22 ribuan dengan harga terendah berada di level Rp 20 ribu per kg dan harga tertingginya mencapai Rp 35 ribu per kg. Sedangkan harga telur 1 peti sekarang bisa menyentuh Rp 250 ribuan.

Harga telur berbeda dari saat awal bulan Ramadan beberapa waktu lalu. Di daerah Banjarnegara harga telur 1 peti justru mengalami penurunan sekitar Rp 12 ribu per peti menjadi Rp 193 ribu per peti. Padahal biasanya harga satu peti telur ayam dapat mencapai Rp 205 ribu.

“Satu peti biasanya berisi 10 kilogram telur,” kata salah seorang penjual di Pasar Induk Banjarnegara. Harga telur baru akan turun apabila pasokan dari pihak lancar. Di Banjarnegara biasanya pasokan telur diperoleh dari lokal dan daerah sekitar seperti Kabupaten Wonosobo dan Temanggung. Umumnya tetapnya adalah pedagang pengecer dan pedagang sembako keliling.

Loading...