Keputusan Yellen Pukul Dolar, Rupiah Berakhir Stagnan

Sempat berada di zona merah sepanjang , rupiah menutup sesi Selasa (21/11) ini di posisi stagnan ketika indeks dolar AS bergerak turun usai pengumuman pengunduran diri Janet Yellen sebagai Gubernur The Fed. Menurut Bloomberg Index pukul 15.57 WIB, mata Garuda memungkasi hari ini di level Rp13.529 per dolar AS.

Sebelumnya, rupiah berakhir menguat tipis 2 poin atau 0,01% di posisi Rp13.529 per dolar AS pada tutup awal pekan (20/11) kemarin. Namun, NKRI berbalik melemah 5 poin atau 0,04% ke level Rp13.534 per dolar AS ketika membuka pasar pagi tadi. Sepanjang transaksi hari ini, spot bergerak di kisaran Rp13.524 hingga Rp13.550 per dolar AS.

Dari pasar , indeks dolar AS terpantau bergerak melemah terhadap enam mata uang utama dunia, namun masih tetap berada di level tertinggi selama sepekan, setelah Janet Yellen mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi Gubernur The Fed. Mata uang Paman Sam tersebut terpantau turun tipis 0,051 poin atau 0,05% ke level 94,029 pada pukul 10.22 WIB, setelah berakhir naik 0,45% di posisi 94,080.

Yellen pada Senin kemarin mengumumkan pengunduran dirinya sekitar tiga minggu setelah Presiden Donald Trump menunjuk Jerome Powell sebagai Ketua Federal Reserve yang baru. Seperti dikutip UPI, Yellen mengatakan bahwa dirinya bersiap untuk meninggalkan dewan dan bersyukur bahwa sistem keuangan jauh lebih kuat daripada satu dekade yang lalu dan lebih mampu bertahan menghadapi ketidakstabilan masa depan.

Sementara itu, nilai tukar euro perlahan menguat terhadap dolar AS setelah sebelumnya sempat tertekan kondisi Jerman yang tidak menentu akibat kegagalan koalisi tiga partai di negara tersebut. Mata uang Benua Biru terpantau naik tipis 0,04% menuju level 1,1738 dolar AS setelah kemarin ditutup merosot 0,48% di posisi 1,1733 dolar AS.

“Utamanya ini tentang pelemahan euro, akibat kegagalan untuk membentuk koalisi pemerintahan di Jerman,” kata chief investment officer US di Helena, Bill Northey. “Di luar itu, hal penting lainnya yang masih diupayakan adalah terkait reformasi pajak di AS, apakah bentuknya dan kapan waktu bisa direalisasikan.”

Loading...