Kendalikan Gulma, Harga Alat Semprot Pertanian Mulai Rp48.000

Alat Semprot Pertanian - desa-kaliwungu.comAlat Semprot Pertanian - desa-kaliwungu.com

Gulma atau hama merupakan tantangan berat di sektor pertanian. Meski sudah banyak pestisida dengan kualitas baik, namun tanpa didukung dengan semprot atau sprayer yang berkualitas, maka pengendalian gulma tidak akan optimal. Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak alat semprot, seperti Swan, Tasco, hingga Bengawan Solo, yang ditawarkan dengan harga bervariasi.

“Pengendalian gulma dapat dilakukan dengan penyemprotan pestisida,” ujar Ruslan, Direktur PT Sahabat Agro Mandiri, salah satu produsen sprayer. “Pada tahapan ini, selain pemilihan pestisida yang tepat, penggunaan sprayer atau alat semprot yang baik juga sangat memengaruhi yang dikeluarkan petani untuk mengendalikan gulma.”

Seperti diutarakan sebelumnya, saat ini sudah banyak merek alat semprot pertanian yang ditawarkan ke pasaran dengan harga bervariasi. Untuk yang murah, Anda bisa memilih merek Swan 2 liter dengan harga Rp48.000, Kamly 1 liter dengan harga Rp50.000, atau Tasco 2 liter yang mulai Rp55.000.

Untuk kapasitas yang lebih besar, harga alat semprot saat ini mulai ratusan ribu . Merek Tasco kapasitas 5 liter misalnya, sekarang dijual dengan harga mulai Rp175.000, sedangkan kapasitas 8 liter ditawarkan dengan harga Rp190.000, dan kapasitas 15 liter dijual dengan harga Rp375.000. Alat semprot Tasco bisa digunakan untuk membasmi hama di area pertanian padi, sayuran, atau di .

Sementara, untuk merek Bengawan Solo dengan kapasitas 15 liter, harganya saat ini dibanderol mulai Rp285.000. Alat semprot ini kerap digunakan untuk pengendalian gulma di perkebunan besar dan kebun-kebun kecil, hingga lapangan golf. Terbuat dari bahan plastik HDPE yang membuatnya ringan dibawa-bawa dan relatif tahan lama, alat ini memiliki tekanan semprot 2-6 kg per cm2.

Selain itu, ada juga produk yang dijual dengan harga lebih mahal, seperti merek Swan kapasitas 14 liter yang ditawarkan mulai Rp475.000 dan Swan kapasitas 17 liter dengan harga Rp550.000. Sementara, untuk alat semprot elektrik-manual, saat ini pasaran harganya berada di kisaran Rp575.000 hingga Rp750.000, tergantung merek dan kapasitasnya.

Loading...