Kembangkan Ujung Pipa, Berapa Harga Flaring Tool Imperial?

Flaring tool (sumber: lasertools.co.uk)Flaring tool (sumber: lasertools.co.uk)

JAKARTA – Jika Anda ingin mengembangkan ujung agar dapat disambung kembali dengan sambungan berulir (flare fitting), maka alat yang Anda perlukan adalah flaring tool. Di pasaran sendiri, sudah banyak merek yang meluncurkan peralatan yang satu ini, salah satunya Imperial, dan dengan mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

“Flaring tool fungsinya untuk mengembangkan ujung pipa agar dapat disambung dengan sambungan berulir (flare fitting),” tulis Surya Era dalam situs resminya. “Flaring tool terdiri dari dua buah block yang disatukan dengan baut dan mur kupu-kupu (wing nut). Kedua block ini membentuk lubang dengan bermacam- macam ukuran pipa yang dapat diselipkan, mulai 3/16 inch hingga 5/8 inch.”

Masih menurut sumber yang sama, selain itu, flaring tool juga memiliki sebuah joke yang terdiri dari kaki-kaki yang dapat diselipkan pada block yang mempunyai sebuah baut pada bagian atasnya dengan batang yang dapat diputar. Sementara, pada ujung lain pada bagian bawah, diberi sebuah flare cone yang berbentuk kerucut dengan sudut 45 derajat untuk menekan dan mengembangkan ujung pipa.

Tidak susah menemukan flaring tool karena sudah banyak merek yang memproduksi peralatan ini. Imperial misalnya, punya beragam flaring tool yang dapat Anda sesuaikan untuk kebutuhan Anda. 195-FC Flaring Tool, merupakan yang dibuat dari baja tempa yang kokoh dan batang suar yang mengeras. Berdesain yoke, memungkinkan flaring meski hanya ada sedikit ruang antara ujung mur dan pipa.

Sementara, 103-FS Flaring Tool adalah flare dengan ukuran tabung lebih besar. Slip-on yoke dengan baja yang dikeraskan dan kerucut putar dengan krom diklaim mengurangi tenaga. Tindakan penjepitan positif dari flaring bar menghilangkan gerakan tabung. ini sendiri tersedia dalam varian ukuran 3/4 inch, 7/7 inch, hingga 1 inch.

Tidak sulit mendapatkan flaring tool buatan Imperial karena Anda bisa membeli peralatan ini di toko perkakas alat-alat maupun situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, flaring tool Imperial model 275-FSC, dengan tiga alat (cutting, flaring, dan swaging), sekarang dijual dengan harga berkisar Rp1.650.000 sampai Rp1.750.000 per unit.

Loading...