Kembangkan Fasilitas Medis di Asia, Itochu Investasi USD 27 Juta ke Lippo

Itochu Group - www.dealstreetasia.comItochu Group - www.dealstreetasia.com

TOKYO – Perusahaan asal , Itochu Group, dikabarkan melakukan tambahan sebesar 3 miliar yen (26,7 juta AS) ke operator rumah sakit Lippo Group. Aliansi Jepang-Indonesia tersebut diharapkan dapat mengembangkan medis di Asia, khususnya dengan OUE Lippo Healthcare yang berbasis di Singapura.

Sebelumnya, diberitakan Nikkei, Itochu telah menanamkan investasi 6,6 miliar yen untuk membeli OUE Lippo Healthcare pada bulan Februari lalu. Dengan tambahan ini, akan menyuntikkan lebih banyak dana dengan membeli sebagian dari baru yang OUE Lippo rencanakan untuk diterbitkan. Namun, pundi-pundi Itochu akan tetap tidak berubah, sekitar 25 persen.

OUE adalah sponsor dari OUE Hospitality Trust dan OUE Commercial Real Estate Investment Trust (REIT), yang didirikan untuk berinvestasi dalam perhotelan yang menghasilkan pendapatan dan real estat terkait perhotelan, serta aset komersial di pusat keuangan dan . OUE Lippo Healthcare, sebelumnya dikenal sebagai International Healthway Corporation, telah mengumumkan niatnya untuk memperluas portofolio perawatan kesehatannya di seluruh Asia. OUE dan OUE Lippo Healthcare yang berafiliasi dengan Lippo, keduanya berusaha untuk memanfaatkan permintaan yang semakin meningkat akan perawatan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.

“(OUE Lippo Healthcare) investasi yang ada di subsektor perawatan kesehatan selaras dengan tren industri yang sedang berkembang, khususnya meningkatnya kebutuhan perawatan lansia di Jepang, yang didorong oleh populasi yang menua dengan cepat, serta meningkatnya permintaan akan medis di China,” kata Lippo dalam pernyataannya. “Kelompok ini berusaha untuk memperluas portofolio di seluruh China, Jepang dan Asia Tenggara.”

OUE Lippo Healthcare berencana untuk menggunakan hasil dari penerbitan saham untuk membeli sekitar 10 persen dari kepercayaan investasi real estat yang menargetkan rumah sakit Indonesia dan properti lainnya, serta 40 persen dari perusahaan manajemen aset, dari perusahaan grup Lippo yang berbeda. Operator rumah sakit menganggap REIT sebagai sumber pendapatan potensial yang stabil. Grup juga ingin menjual rumah-rumah sakit Asia yang mereka kembangkan bersama dengan Itochu kepada para ini untuk mendanai proyek-proyek baru.

OUE Lippo Healthcare, perusahaan investasi yang mengelola fasilitas perawatan kesehatan di Jepang, Malaysia, dan China, seperti dilansir Jakarta Globe, juga akan mengambil alih sisa Bowsprit. Nilai total transaksi akan berjumlah sekitar 99 juta dolar AS. Berdasarkan perjanjian pembelian saham bersyarat, OUE Healthcare Investment juga akan membeli 83,6 juta saham dalam First REIT dari Bridgewater International, anak perusahaan Lippo Karawaci lainnya, senilai 102 juta dolar AS.

“Kami senang mengumumkan rencana divestasi aset ini telah dilakukan secara tepat waktu, sehingga meningkatkan likuiditas LPKR secara substansial,” ujar presiden direktur Lippo Karawaci, Ketut Budi Wijaya, pada Selasa (18/9) kemarin. “Saya senang bahwa dana tersebut akan memberikan kemampuan keuangan LPKR untuk memberikan komitmen kepada para pemangku kepentingan, dalam melayani kepentingan bersama kami untuk melanjutkan visi kami menjadi salah satu pengembang terkemuka di Indonesia.”

Loading...