Kembali Digandrungi, Harga Roll Film Kamera Analog Meroket

Roll Film Kamera Analog - www.techjuice.pk

JAKARTA – Meski sudah masuk era , namun analog ternyata masih banyak diminati, terutama oleh mereka yang kangen dengan ruwet nan lawas. Tetapi, karena sudah terbilang langka, maka segala pernak-pernik dan untuk fotografi analog ini, termasuk roll kamera, sekarang dengan yang naik gila-gilaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Seperti diberitakan Vice, sejak Kodak dinyatakan bangkrut pada tahun 2012, banyak kalangan yang berpendapat bahwa fotografi analog sudah tamat. Tak lama kemudian, harga satu roll film Kodak langsung meroket. Namun, akhir-akhir ini, tren memotret secara manual tersebut kembali naik, terutama di kalangan generasi muda kekinian.

Kompas memberitakan, peredaran konten dari pehobi kamera analog ini bisa diintip di , dengan memasukkan tanda pagar alias hashtag #indo35mm, #35mm, #35mmfilm, #35mmfilmphography, #filminsnotdead, dan sejenisnya. Beberapa public figure pun turut meramaikan tren kamera analog ini, di antaranya penyanyi Tompi, presenter Gading Marten, hingga YouTuber kawakan Fathia Izzati.

“Untuk masuk ke Instagram, hasil cuci foto memang perlu di-scan terlebih dahulu. Tetapi, justru di situ letak kemewahannya. Sewaktu lihat hasil cuciannya, bisa sesuai ekspektasi, melebihi ekspektasi, atau nggak sesuai,” kata pehobi kamera analog sekaligus founder Saka Space, Fahmy Siddiq. “Jadinya seru (memakai kamera analog).”

Jika Anda ingin melakukan kegiatan serupa, selain kamera analog atau kamera poket, salah satu perlengkapan yang harus Anda persiapkan adalah roll film. Ada banyak merek roll film yang dijual di mulai Kodak, Ilford, Fujifilm, Fujicolor, hingga Fuji Superia. Namun, jika dibandingkan di era 1990-an sampai pertengahan 2000-an, harga roll film untuk kamera analog saat ini memang lebih mahal.

Roll film Fujicolor C200 misalnya, saat ini dijual dengan harga Rp70 ribuan, berisi 36 exposure. Sementara, roll film Kodak TMAX 100 BW isi 36 exposure ditawarkan dengan harga Rp110 ribuan, Kodak Portra 160 color 36 exposure dijual Rp130 ribuan, dan Iomography 36 exposure dipasarkan Rp85 ribuan. Yang perlu diperhatikan, tiap roll film tersebut memiliki tanggal expired (basi).

Loading...