Kemasannya Sekilas Mirip Minuman Keras, Harga 1 Botol Equil Dijual Rp 16.500

Equil - (Sumber: newsth.com)Equil - (Sumber: newsth.com)

Botol kaca berwarna hijau muda sempat membuat masyarakat ramai berpendapat di media . Botol tersebut ditemukan dalam foto yang memperlihatkan keadaan rapat para pejabat yang berkepentingan. Tampilannya yang serupa mirip dengan keras memicu kontroversi.

Siapa sangka ternyata itu adalah botol air mineral yang diberi nama Equil. tersebut merupakan salah satu minuman air mineral premium yang biasa mengisi rapat-rapat dinas para pemangku kepentingan.

Air mineral Equil dapat dibeli di , salah satunya tersedia di Indomaret. Untuk 1 botol Equil Natural Mineral Water Sparkling 12.8 OZ seharga Rp 16.500. Mungkin harga tersebut tergolong sedikit lebih mahal dibanding air mineral merek lain pada umumnya.

Botol air mineral tersebut pernah menghiasi ruang rapat di Istana Wakil Presiden (Wapres). “Ini kemahalan,” ungkap Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI. ‎Mantan Ketua Umum Golkar ini memang terkenal dengan gayanya yang blak-blakan. Ia langsung memerintahkan Sekretaris Wakil Presiden agar tidak memakai minuman itu lagi.

“Sebelum saya lupa, lain kali tiap acara tidak usah pakai minuman mahal. Pakai yang biasa saja. Ini kemahalan‎,” tambah Jusuf Kalla.

‎Jubir JK, Husein Abdullah yang mengikuti pula rapat internal itu menambahkan JK langsung memberikan penjelasan, mengapa ia tidak mau lagi minuman tersebut di kantornya. “Pak JK bilang, saya keliling acara, paling 20 persen kita minum dari air yang disiapkan,” ujar Husein menirukan ucapan JK. “Jadilah itu Equil terakhir di Kantor Wapres,” tandas Husein.

Jika dilihat dari nama serta kemasannya, mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Equil merupakan merek lokal untuk sebuah air mineral. Hal tersebut mungkin dikarenakan kemasannya yang tampak elegan dan harga yang lebih mahal dibandingkan merek air mineral lainnya.

Tetapi, sebenarnya, air mineral dengan kemasan botol berwarna hijau tersebut diproduksi oleh perusahaan milik . tersebut memang ditujukan untuk kalangan mampu, dan biasanya juga dijual di kafe dan restoran kelas atas. Salah satu kafe yang menyediakan Equil sebagai air mineralnya adalah Mister Bean Coffee yang berlokasi di Jakarta.

Equil telah diekspor ke berbagai negara, seperti Australia dan Italia, dan mematuhi standar internasional. Merek air mineral tersebut merupakan produksi dari Sukabumi, Jawa Barat. Dari merek inilah, mungkin dapat dipelajari mengenai suksesnya mereka dalam menembus pasar internasional. Merek yang dinilai sukses di negara lain akan terus mengembangkan produk sesuai dengan pasar.

Selain Equil, ada merek lain yang mungkin masyarakat tidak mengetahui jika itu merek lokal, yaitu Paseo (tissue). Untuk kedua merek tersebut, mereka dinilai telah diterima dengan baik oleh pasar internasional, karena mengikuti kualifikasi dan standar internasional.

Singkatnya, jika merek Indonesia ingin sukses di luar negeri, mereka harus menargetkan pasar yang tepat, meningkatkan standar untuk memenuhi permintaan internasional, dan melokalkan produk mereka untuk mendapatkan lebih banyak lokal.

 

Loading...