Merapat ke Perairan Taiwan, Seperti Ini Kemampuan Kapal Induk Liaoning

Kapal induk Liaoning China (sumber: chinapower.csis.org)Kapal induk Liaoning China (sumber: chinapower.csis.org)

Sejak (5/4) lalu, Angkatan mengerahkan sekelompok induk untuk berlatih di dekat Taiwan. Dari sederet induk yang dikerahkan, sosok Liaoning memang begitu mencuri perhatian. Liaoning adalah induk pertama China. induk satu ini bukan murni hasil dalam negeri China, melainkan hasil refurbished dari kapal buatan Uni Soviet pada 1991 silam. Namun demikian, Liaoning memiliki berbagai kemampuan yang mengagumkan.

Usai Uni Soviet pecah beberapa tahun silam, Ukraina menjual kapal induk Kuznetsov dalam kondisi belum selesai konstruksinya. Kuznetsov sendiri mulai dibangun sejak 1985. Sebelum digunakan oleh China, kapal ini adalah kapal pengangkut tempur produksi Ukraina. Kemudian, China setidaknya butuh waktu cukup lama untuk merampungkan pembangunan kapal pada 2011. Setahun kemudian, tepatnya pada 2012 Liaoning resmi ditugaskan di Angkatan Laut Pembebasan Rakyat China (PLA).

“Liaoning awalnya bukan ditujukan untuk kapal kombat. Awalnya Liaoning ditugaskan menjadi kapal untuk tes dan latihan. Pemerintah China akhirnya memutuskan untuk menjadikan Liaoning sebagai kapal kombatan setelah berbagai modifikasi dan latihan intensif,” demikian seperti dilansir Globaltimes melalui CNN Indonesia.

Kapal induk Liaoning bertugas menjadi landasan udara bergerak untuk pesawat dan juga helikopter China. Liaoning disebut memakai jalur lompat ski (agak menjulang) di ujung dek penerbangan untuk meluncurkan pesawat. itu dianggap relatif lebih tua dibanding “ketapel” yang disukai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

Pesawat yang diluncurkan dengan teknologi ketapel digadang-gadang dapat mengudara dengan lebih cepat dengan jumlah bahan bakar dan amunisi yang lebih besar. Sementara itu untuk model lompatan ski pada kapal induk Liaoning membuat pesawat mengandalkan kekuatan mereka sendiri ketika lepas landas.

Kapal induk Liaoning memiliki pendekatan yang sama seperti kapal induk Soviet, yang mana mendukung kapal selam nuklir, kombatan permukaan besar, dan strike bombers berbasis darat yang melakukan peran anti-akses. Sayap udara tidak memiliki radar jarak jauh dan sayap tetap anti kapal selam, sehingga membutuhkan dukungan dari pesawat berbasis pantai seperti Tupolev Tu-154 ASW dan Shaanxi Y-8 AWACS. Selain Liaoning, China juga memiliki kapal induk lain buatannya sendiri bernama Shandong, dan yang terbaru sedang dibangun dengan kode Type-003 yang kabarnya mempunyai ukuran serupa kapal induk AS, USS Gerald R. Ford.

Loading...