Cocok untuk Tabungan Anak & Pelajar, Apa Kekurangan BRI Junio?

BRI Junio - gambarindo.com

Kebiasaan menabung sudah seharusnya ditanamkan sejak dini. Beruntung kini seperti BRI pun menyediakan sarana yang ramah untuk anak-anak maupun pelajar melalui BRI Junio. Meskipun menawarkan berbagai manfaat dan kelebihan, ini tetap saja memiliki beberapa kekurangan.

Dilansir dari situs resminya, BRI Junio memungkinkan pembukaan tabungan untuk anak-anak, baik yang berusia di bawah 12 tahun maupun yang berusia 12-17 tahun. Keunggulannya, BRI Junio memberikan fasilitas kartu debit BRI untuk bertransaksi di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, dan Prima. Selain itu, tabungan BRI Junio dilengkapi fasilitas E-Banking BRI (SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dan lain-lain).

Namun kekurangannya, untuk nasabah berumur di bawah 12 tahun (belum memiliki identitas) rupanya sang orang tua diwajibkan untuk memiliki rekening terlebih dahulu di BRI (BritAma/Simpedes). Adapun besaran setoran awal rekening induk (milik orang tua) Rp250.000 dan tabungan BRI Junio Rp100.000, total bundling-nya Rp350.000.

Sedangkan untuk nasabah berusia 12 sampai <17 tahun diwajibkan untuk mempunyai identitas berupa kartu pelajar. Selain itu, setoran awal tabungan BRI Junio dikenai Rp150 ribu dan tak perlu ada rekening induk (non-bundling). Kekurangan lainnya, nasabah BRI Junio akan dikenai saldo minimum ditahan Rp50 ribu dan administrasi khusus nasabah usia 12-17 tahun Rp5.000. Sedangkan untuk nasabah <12 tahun gratis admin. Untuk lebih lengkap seputar BRI Junio bisa langsung menanyakan pada pihak BRI.

Guna memajukan pendidikan di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk juga meluncurkan aplikasi Junio Smart sejak beberapa waktu lalu. Junio Smart adalah platform edukasi terintegrasi yang ditujukan pada sekolah di seluruh Indonesia. Dengan platform tersebut pengelolaan dan administrasi sekolah jadi lebih cepat, tepat, dan akurat.

“Di sisi lain, keikutsertaan orang tua dalam memantau perkembangan akademis anaknya semakin meningkat, serta siswa lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi akademik maupun kegiatan sekolah. Melalui Junio Smart, BRI semakin meningkatkan perbankannya khususnya dalam menyediakan produk maupun jasa perbankan untuk institusi Pendidikan hingga membangun budaya menabung sejak dini untuk para siswa,” kata Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto, seperti dilansir Kompas.

Loading...