Kaya Manfaat, Berapa Harga Jeruk Keprok per Kg?

Ilustrasi Jeruk Keprok - desk.zol.com.cn

/MALANG – Salah satu buah yang diklaim memiliki banyak untuk kesehatan tubuh adalah jeruk keprok. Kandungan C, lutein, dan beta karoten yang hadir dalam jeruk keprok dan varian jeruk lainnya dikatakan dapat membantu prostat yang dan melindungi kesehatan mata. Kelebihan lainnya, jeruk keprok per kg di ternyata sangat terjangkau.

Jika Anda menelusuri pasar tradisional, minimarket, swalayan, atau situs beli online, Anda akan mendapati buah ini telah dijual secara bebas. Jeruk keprok Batu 55 sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp8.500 per kg, sedangkan jeruk keprok Siam sekarang dijual dengan harga sekitar Rp70 ribuan per kg. Sementara, harga jeruk keprok Pontianak saat ini berkisar Rp60 ribuan per kg.

Seperti diberitakan Boldsky, jeruk keprok dan sayuran serta buah-buahan berwarna oranye dan kuning lainnya dianggap sangat sehat, salah satunya karena menyediakan alfa karoten dan beta karoten yang menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, buah ini juga dapat membantu prostat yang sehat, melindungi mata, menyehatkan kulit, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Di Indonesia sendiri, jeruk merupakan salah satu komoditas yang sangat potensial untuk dikembangkan. Ini mengingat komoditas jeruk memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan konsumsi buah masyarakat Tanah Air. Selain itu, juga dapat membuka kesempatan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Populasi jeruk saat ini berkisar antara 53.000 hektare dan luas panen jeruk diproyeksikan meningkat sampai dengan 2020, yaitu sebesar 2,03 persen per tahun,” ujar Menteri Pertanian, Andri Amran Sulaiman, beberapa waktu lalu di Batu. “Demikian juga dengan produksinya diproyeksikan naik dengan rata-rata pertumbuhan 4,93 persen per tahun hingga tahun 2020 mendatang.”

Selain membeli di pasar buah, Anda pun bisa menikmati jeruk keprok sambil rekreasi. Ada beberapa destinasi yang menawarkan petik jeruk yang bisa Anda sambangi, salah satunya Balitjestro Kota Batu. Di tempat ini, traveler dapat makan buah jeruk sepuasnya dan membawa pulang buahnya, dengan masuk cuma Rp25.000 per orang.

Loading...