Kaya Antioksidan, Harga Buah Delima Rp35 Ribuan per Kg

Harga, buah, delima, per, kg, di, pasaran, toko, manfaat, nutrisi, kesehatan, tradisi, jus, sirup, antioksidan, merah,(instagram: tina_komara)

Dalam tradisi Tionghoa, terlebih pada saat perayaan Imlek, buah delima yang berwarna merah ini disebut-sebut sebagai lambang kesuburan. Namun, tak hanya itu saja, nyatanya buah yang satu ini juga memiliki manfaat yang baik untuk . Saat ini, buah delima dijual di dan toko buah dengan Rp35 ribu hingga Rp40 ribuan per kg.

Beberapa pakar kesehatan kerap menyarankan untuk memakan buah delima untuk mendapatkan kembali kekuatan setelah lama sakit. Pasalnya, buah ini sangat berguna dalam menjaga sirkulasi darah secara efektif. Manfaat lainnya, termasuk menjadi obat yang hebat untuk masalah terkait jantung, gangguan perut, kanker, masalah gigi, osteoarthritis, anemia, dan diabetes.

Berdasarkan yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima dianggap kaya akan antioksidan dan dapat mencegah pengoksidasi kolesterol jahat di dalam tubuh. Buah ini juga digunakan secara tradisional untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan, serta sakit tenggorokan.

Di berbagai , delima juga telah lama dipercaya sebagai penambah kualitas sperma, bahkan tak jarang ada yang memiliki resep turun menurun dalam mengelola buah delima untuk dijadikan obat herbal penambah kualitas sperma. Hal ini dikarenakan dalam buah delima mengandung zat oksida nitrat dan antioksidan yang dapat meningkatkan kualitas produksi sperma dalam tubuh.

Nutrisi terbesar buah delima adalah antioksidan. Bahkan, kandungan antioksidan buah delima tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggur merah. Selain itu, nutrisi penting lainnya adalah vitamin, seperti vitamin A, B3 (niasin), B9 (asam folat), C, dan E. Bahkan, rata-rata delima mengandung sekitar 40 persen vitamin C harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Delima juga kaya akan kandungan mineral, seperti kalsium dan zat besi. Serta kaya akan serat, yang membuat delima sangat cocok dijadikan teman diet Anda. Namun, dari semua bagian delima yang bisa dikonsumsi, biji delima adalah yang memiliki kandungan serat tertinggi.

“Berbagai penelitian juga menemukan buah tomat, stroberi, dan delima bagus untuk membersihkan pembuluh darah. Kalau sering-sering makan ini, setiap hari pembuluh darah pasti akan bersih,” ucap dr. Phaidon, dikutip dari Tempo.

Sejumlah manfaat tersebut dapat dinikmati dengan mengkonsumsi buah delima dalam berbagai cara. Bisa diminum dalam bentuk jus atau bisa mengonsumsi , sirup, pasta, nektar, ataupun konsentrat. Buah delima dalam bentuk sirup digunakan untuk merawat tulang rawan yang rusak dan melindungi bayi dari kerusakan otak yang terjadi selama kelahiran.

Sementara apabila dikonsumsi dalam bentuk jus, orang yang minum jus delima sebanyak minimal 3 kali dalam seminggu diklaim dapat menurunkan risiko terhadap alzheimer lebih dari 50% dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. Hal ini, sekali lagi dikarenakan oleh kandungan antioksidan pada buah delima yang sangat tinggi.

Loading...