Kapasitas Besar, Harga Tedmond Air 2.000 Liter Berkisar Jutaan Rupiah

Tandon Air - caratercepat.com

Tedmond, atau biasa disebut dengan tandon, merupakan alat penampung yang dirasa lebih praktis dan hemat listrik jika dibandingkan harus menyalakan pompa terlebih dahulu. Berdasarkan pembuatnya, tandon air bisa dibedakan menjadi dua, yaitu plastik dan fiberglass, selain ada juga berbahan stainless steel, yang sekarang dengan harga mencapai jutaan rupiah untuk 2.000 liter.

“Umumnya, konsumen kebanyakan hanya tahu tangki air fiberglass. Padahal, ada perbedaan antara tangki air fiberglass dengan plastik,” tutur Marketing CV Aneka Cipta Fiber Glass, Masrifah. “Salah satu perbedaan mendasar adalah yang digunakan, dengan fiberglass menggunakan serat fiber yang diproduksi dengan campuran resin, katalis, atau lainnya, dan plastik sepenuhnya terbuat dari bahan plastik.”

Selain bahan pembuatnya, perbedaan mendasar lain antara tandon air fiberglass dan plastik adalah produksinya. Pada tandon fiberglass, dibuat dengan handmade (molding dengan cetakan tertentu) sehingga menjadikan tangki model ini punya tampilan yang khas. Sementara, tandon air plastik lebih mengedepankan mesin dalam proses pengerjaan.

“Pada tangki air fiberglass, ada corak yang khas dari serat-serat fiber, sedangkan tangki air plastik akan terlihat lebih halus permukaannya karena terbuat dari plastik,” sambungnya. “Perbedaan material juga memengaruhi . Jika terjadi kebocoran, tandon air fiberglass bisa ditambal, sementara pada tandon air plastik HDPE, biasanya cenderung sedikit sulit ditambal.”

Jika Anda saat ini sedang berburu tandon air dengan kapasitas 2.000 liter, baik dalam bentuk plastik, fiberglass, maupun stainless steel, Anda bisa membelinya di berbagai maupun situs online. Merek Penguin TB200 misalnya, sekarang dijual dengan harga Rp3,2 jutaan, sedangkan merek Polytank LP-2000 ditawarkan mulai Rp2,35 jutaan. Brand lainnya, semisal Excel kapasitas 2.000 liter dilepas Rp2,8 jutaan, Penguin TBSK-2000 Stainless Steel dijual Rp8,6 jutaan, Profil Tank PS-2000 dipasarkan Rp4,5 jutaan, dan Penguin Tandon Pendam ditawarkan dengan harga Rp5 jutaan.

Loading...