Kapan Awal dan Akhir Bulan Syawal 2017?

Bulan Syawal - gambartop10.blogspot.co.idBulan Syawal - gambartop10.blogspot.co.id

Beberapa waktu lalu umat di telah merayakan Hari Raya Idul Fitri secara serentak setelah menetapkan atau awal bulan 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017 lalu. Penetapan kapan bulan Syawal 2017 ini dilakukan di Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta pada Sabtu (24/6) lalu.

penetapan awal bulan Syawal tersebut memakai hisab dan rukyat, seperti halnya diatur dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah. hisab dapat membantu menentukan posisi hilal di cakrawala lewat perhitungan astronomi, sedangkan rukyat digunakan untuk memastikan keberadaan bulan di ufuk.

Menurut Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin, 6 perukyat hilal bersaksi telah melihat bulan muda atau hilal. “Ada enam petugas yang menyampaikan kesaksian di bawah sumpah bahwa mereka lihat hilal,” kata Lukman seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Lukman mengatakan jika keenam perukyat tersebut adalah unsur Tim Hisab dan Rukyat Kemenag. Empat orang di antaranya mengaku melihat hilal dari titik pengamatan di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 2 yang lain masing-masing melihat hilal di Gresik dan Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Berdasarkan standar kesepakatan -negara , hilal dapat dikategorikan memenuhi unsur pergantian bulan apabila berada pada posisi minimal 2 derajat di atas ufuk. Kemudian elongasi atau jarak matahari ke bulan setidaknya 3 derajat dan umur hilal minimal 8 jam.

Dari sidang isbat bersama sejumlah ormas Islam seperti perwakilan MUI, Muhammadiyah, dan tokoh-tokoh Islam, posisi hilal pada Sabtu (24/6) lalu berada pada ketinggian 3,88 derajat, elongasi 5,06 derajat, dan umur bulan 8 jam 15 menit 24 detik.

Sementara itu, berdasarkan kalender Islam, bulan Syawal berakhir pada tanggal 24 Juli 2017 Masehi, awal bulan Dzulqaidah dimulai pada tanggal 25 Juli 2017, dan awal bulan Dzulhijjah adalah pada tanggal 23 Agustus 2017.

Loading...