Lebih Banyak Bersandar di Sattahip, Benarkah Kapal Induk Thailand Mangkrak?

Kapal Induk Thailand HTMS Chakri Narruebet - en.wikipedia.orgKapal Induk Thailand HTMS Chakri Narruebet - en.wikipedia.org

Meski bukan yang seluas Indonesia, nyatanya termasuk negara di yang memiliki . pertama dinamai HTMS Chakkri Narruebet. Kapal andalan Royal Thai Navy (RTN) ini dibuat oleh Spanyol dan resmi meluncur pada tahun 1996 silam. Kapal yang disebut-sebut sebagai kapal induk terkecil di dunia ini sebenarnya memiliki berbagai kemampuan yang canggih. Sayangnya, kapal induk Chakkri Narruebet saat ini disebut-sebut mangkrak dan tidak menjalankan tugas sesuai dengan aslinya untuk menunjang Thailand.

“HTMS Chakri Naruebet dirancang untuk mengoperasikan helikopter dan jet dengan kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal/landasan pendek (V/STOL) semacam Sea Harrier atau V-22 Osprey. Kapal ini dirancang diproyeksikan mampu membawa enam jet AV-8S Matador Harrier dan enam helikopter Sikorsky SH-60 Seahawk. Secara teori kapal ini bisa mengangkut maksimal 14 helikopter campuran Sikorsky Sea King, Sikorsky S-76, dan CH-6 Chinook,” demikian seperti dilansir Kompas.

Akan tetapi, pada tahun 1999 kabarnya hanya 1 pesawat jet Matador Harrier yang dioperasikan oleh kapal induk tersebut karena masalah suku cadang, , dan juga keterbatasan dana. Kemudian, pada 2006 seluruh skuadron jet Harrier tak beroperasi lagi dari geladak kapal tersebut dan Chakkri Narruebet hanya difungsikan sebagai kapal patroli saja. Sejak keterbatasan anggaran tahun 1997, kapal Chakkri Narruebet lebih sering bersandar di pangkalan AL Sattahip.

Menurut Militermeter, sebagian besar waktu Chakkri Narruebet lebih banyak menjadi atraksi untuk turis. Chakkri Narruebet disebut hanya berlayar selama 1 hari latihan tunggal per bulan. Di luar itu bahkan kabarnya kapal induk Chakkri Narruebet hanya berfungsi sebagai sarana transportasi untuk keluarga Kerajaan Thailand. Padahal kapal induk Chakkri Narruebet memiliki kemampuan untuk menjelajah hingga 19.000 km pada 12 knots.

Chakkri Narruebet juga dilengkapi dengan 3 unit peluncur Mistral untuk kepentingan ofensif dan defensif. Peluncur tersebut dapat digunakan untuk menembakkan misil untuk menghantam sasaran jarak pendek dan mengintervensi misil musuh yang mengarah padanya. Media Thailand sendiri menjuluki kapal induk tersebut sebagai “ThaiTanic” karena hanya berfungsi sebagai royal yacht untuk keluarga kerajaan.

Loading...