Kamper untuk Wewangian, Berapa Harga Champora?

Harga Champora - www.tokopedia.comHarga Champora - www.tokopedia.com

JAKARTA – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bernama kamper atau kapur barus. Ini adalah yang sering dijadikan sebagai wewangian, bahkan untuk keperluan -obatan. Di , sudah ada beberapa merek kamper atau kapur barus, salah satunya Champora, yang saat ini ditawarkan di kisaran harga ratusan ribu rupiah per bungkus.

Dikutip dari CNN, sebagian besar masyarakat memang mengira kapur barus atau kamper hanya dapat digunakan untuk memberikan aroma harum di ruangan, terutama di toilet. Sebenarnya, kapur barus alami, yang diambil dari bagian tengah kapur (Drybalanops Aromatica), mengandung sifat obat dan memiliki beberapa bagi tubuh manusia.

“Kapur barus yang bersifat alami dapat menghangatkan tubuh ketika seseorang berada di tempat yang dingin,” papar antropolog kesehatan, Rusmini Tumanggor. “Coba kita ambil kapur barus sebesar biji padi atau beras, setelah itu dijilat menggunakan lidah, nanti (tubuh) kita akan terasa hangat. Tetapi, jangan banyak-banyak dan dilihat takarannya dulu.”

Namun, Tumanggor buru-buru menambahkan bahwa kapur barus yang digunakan untuk obat adalah rempah-rempah yang dihasilkan dari pohon kapur barus, bukan yang biasa kita temukan di supermarket. Menurutnya, kalau yang sudah dalam kemasan, sebaiknya tidak dikonsumsi karena umumnya sudah mengandung bahan-bahan kimia.

Untuk yang sering di supermarket maupun swalayan, biasanya digunakan masyarakat sebagai bahan pengharum ruangan. Kapur barus yang sudah mengandung bahan-bahan kimia, termasuk minyak tanah, tersebut biasanya diletakkan di sela-sela lemari atau di dekat pakaian untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.

Jika Anda membutuhkan kapur barus atau kamper untuk tujuan demikian, ada beragam merek yang telah dijual bebas di pasaran. Salah satu yang dinilai punya cukup baik adalah Champora DAB 8, sebuah kamper sintetis atau kamper crystal. Harga kamper ini tergolong mahal, berkisar Rp450 ribu sampai Rp500 ribuan untuk kemasan 1 kg.

Loading...