Kamis Sore, Rupiah Lemas Jelang Perayaan HUT RI ke-73

Rupiah - www.medanbisnisdaily.comRupiah - www.medanbisnisdaily.com

Menjelang HUT RI ke-73, rupiah gagal mengatrol posisi ke zona hijau pada Kamis (16/8) sore, ketika indeks justru bergerak lebih rendah seiring terkikisnya kekhawatiran tensi dagang. Menurut catatan The Wall Street Journal pukul 15.57 WIB, Garuda terpantau melemah 10 poin atau 0,07% ke level Rp14.610 per AS.

Dari , indeks bergerak lebih rendah pada hari Kamis, karena penghindaran aset berisiko mulai berkurang, imbas kabar yang menyebutkan bahwa delegasi China akan melakukan perjalanan ke AS pada akhir bulan ini untuk mengadakan pembicaraan dagang. Mata uang Paman Sam terpantau melemah 0,212 poin atau 0,22% ke level 96,536 pada pukul 10.53 WIB.

Dilansir Reuters, Kementerian Perdagangan China baru-baru ini mengatakan bahwa pihaknya telah menerima undangan dari AS untuk melakukan pembicaraan dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Internasional, David Malpass. Kabar bahwa dua kekuatan terbesar dunia yang menunjukkan kesediaan untuk bernegosiasi menurunkan kekhawatiran di kalangan terkait dagang.

“Kekhawatiran perang perdagangan telah berubah menjadi peluang bagi spekulan. Berita yang menunjukkan kemungkinan meredanya ketegangan perdagangan AS-China tampaknya telah menghentikan aksi jual aset berisiko,” tutur kepala ahli strategi FX di Daiwa Securities, Mitsuo Imaizumi. “Tetapi, tidak ada jaminan bahwa diskusi perdagangan akan berakhir dengan baik. Dengan demikian, penghentian aksi jual mungkin hanya untuk sementara waktu.”

Sebelumnya, greenback relatif bergerak perkasa sepanjang pekan ini, yang dipicu pelemahan yang dialami lira Turki, membuat mata uang negara berkembang berada di posisi yang sulit. Lira jatuh ke level terendah pada awal pekan ini, dipicu ketegangan antara Ankara dan Washington dan meningkatnya kekhawatiran atas kebijakan ekonomi Presiden Tayyip Erdogan.

Loading...