Kamis Sore, Komentar Hawkish The Fed Bikin Rupiah Loyo

Rupiah - www.merdeka.comRupiah - www.merdeka.com

Rupiah gagal mengatrol posisi ke zona hijau pada Kamis (2/8) sore karena indeks mampu bergerak lebih tinggi, didukung pernyataan yang hawkish dalam rapat kebijakan yang baru saja berakhir. Menurut catatan Index pukul 15.57 WIB, mata uang Garuda terpantau melemah 38 poin atau 0,26% ke level Rp14.478 per dolar AS.

Sebelumnya, rupiah sudah ditutup terdepresiasi 26 poin atau 0,18% di posisi Rp14.440 per dolar AS pada akhir perdagangan Rabu (1/8) kemarin. Tren negatif mata uang NKRI berlanjut pagi tadi dengan dibuka melemah 9 poin atau 0,07% ke level Rp14.449 per dolar AS. Sepanjang hari ini, spot praktis tidak memiliki tenaga untuk naik ke area hijau.

Sementara itu, siang tadi mematok kurs tengah berada di posisi Rp14.446 per dolar AS, turun tipis 4 poin atau 0,03% dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.442 per dolar AS. Di saat yang hampir bersamaan, mayoritas mata uang Asia tidak berkutik versus , dengan pelemahan terdalam sebesar 0,37% menghampiri won Korea Selatan.

Dari , indeks dolar AS mampu mempertahankan keunggulannya melawan sekeranjang mata uang utama pada hari Kamis, setelah Federal Reserve optimistis terhadap laju pertumbuhan ekonomi Paman Sam dan tetap berada di jalur kenaikan suku bunga lebih lanjut. Mata uang greenback terpantau 0,065 poin atau 0,07% ke level 94,726 pada pukul 11.12 WIB.

Dilansir Reuters, The Fed memang mengakhiri pertemuan dua hari dengan tetap mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level 1,75%-2%. Namun, bank sentral AS ini mengubah cara pandang ekonomi mereka serta meningkatkan outlook yang lebih bagus, sekaligus mengisyaratkan bahwa rapat di bulan September dan Desember mendatang akan ada kenaikan suku bunga baru.

“The Fed menyampaikan komentar yang agak hawkish dalam pernyataan yang menekankan kekuatan ekonomi AS,” tutur kepala strategi G10 FX strategy di Citigroup Global Markets Jepang, Osamu Takashima. “Tidak ada kejutan besar dalam pernyataan semalam, tetapi nada keseluruhan sedikit lebih kuat daripada yang terakhir.”

Loading...