Jurusan Favorit, Berapa Biaya Kuliah Kedokteran di UNAIR Surabaya?

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) - ayokuliah.idFakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) - ayokuliah.id

SURABAYA – masih menjadi salah satu studi unggulan di banyak perguruan tinggi, tidak terkecuali di Airlangga (UNAIR). Untuk bisa mengecap Kedokteran di yang berlokasi di Surabaya tersebut, perlu membayar yang terdiri dari UKS (uang semester) dan UKA (uang awal).

Dikutip dari resminya, untuk mahasiswa Kedokteran yang masuk melalui jalur Mandiri misalnya, biaya kuliah di S1 Pendidikan Dokter dikenakan Rp15 juta untuk UKS dan Rp70 juta untuk UKA. Sementara, biaya pendidikan S1 Kedokteran Gigi jalur Mandiri adalah sebesar Rp12,5 juta untuk UKS dan Rp60 juta untuk UKA. Jika mendaftar di S1 Kedokteran Hewan, biaya kuliahnya berkisar Rp7,5 juta untuk UKS dan Rp50 juta untuk UKA.

Di tahun akademik 2018/2019, setelah pendaftaran jalur SNMPTN resmi ditutup, pihak UNAIR pun mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN dan jalur Mandiri. Untuk jalur SBMPTN, pendaftaran dibuka mulai tanggal 5 April sampai 27 April 2018 lewat sistem online, sedangkan pendaftaran jalur Mandiri dibuka tanggal 4 Juli sampai 11 Juli 2018, juga secara online.

“Untuk SBMPTN tahun 2018/2019 ini, dibagi menjadi Ujian Tertulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK),” jelas Sekretaris Pusat dan Humas (PIH) UNAIR, Dr. Imron Mawardi, seperti dikutip Okezone.com. “Khusus untuk UTBK, bisa menggunakan desktop yang disediakan oleh panitia atau menggunakan perangkat bergerak (tablet atau ponsel) berbasis Android yang dibawa sendiri oleh peserta.”

Jika calon mahasiswa ingin mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri di UNAIR, makan diharuskan untuk mengikuti seleksi SBMPTN 2018 terlebih dahulu. Pasalnya, di jalur Mandiri, pihak kampus tidak mengadakan tes, dan penilaian seleksi didasarkan dari nilai atau skor yang diperoleh dari nilai SBMPTN tahun 2018.

Loading...