Rabu Sore, Rupiah Menguat Tajam Usai Jokowi Umumkan Vaksin COVID-19

Rupiah - beritagar.idRupiah - beritagar.id

JAKARTA – mampu menapak kuat di zona hijau pada Rabu (22/7) sore, didukung sentimen dalam negeri ketika Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan progress uji klinis vaksin COVID-19. Menurut laporan Index pada pukul 14.59 WIB, Garuda menguat 91 poin atau 0,62% ke level Rp14.650 per dolar AS.

Sementara itu, data yang diterbitkan pagi tadi menetapkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) berada di posisi Rp14.655 per dolar AS, menguat tajam 158 poin atau 1,06% dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.813 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mayoritas mata uang mengungguli greenback, dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,69% dialami rupiah.

Salah satu sentimen pendorong mata uang domestik adalah pernyataan Presiden Joko Widodo, yang mengumumkan bahwa Indonesia akan segera melakukan uji klinis vaksin tahap III dengan melibatkan 1.620 sukarelawan. Jika uji klinis tersebut berhasil, PT Bio Farma (Persero) dikatakan akan memproduksi vaksin dengan 100 hingga 250 juta dosis per tahun.

Namun, permintaan Presiden Jokowi untuk melakukan uji coba vaksin secara cepat selama tiga bulan agaknya tidak dapat dipenuhi oleh tim uji klinis vaksin COVID-19. Pasalnya, prosedur uji klinis vaksin memiliki tata cara yang sudah diatur secara internasional oleh WHO. Jika dipercepat, hasilnya kemungkinan tidak baik sehingga tidak memiliki manfaat yang diharapkan.

“Presiden mengatakan diusahakan vaksin ini cepat ada, kalau bisa tiga bulan. Saya sampaikan tidak bisa tiga bulan karena kita harus melakukan dengan hati-hati dan dengan benar,” tutur Koordinator Uji Klinis Vaksin COVID-19, Kusnandi Rusmil, dilansir Pikiran Rakyat. “Tidak boleh dipercepat karena nanti akhirnya tidak baik, malah vaksin ini tidak terpantau manfaatnya.”

Dari pasar , indeks dolar AS fluktuatif terhadap sebagian besar mata uang pada hari Rabu, ketika Partai Republik dan Demokrat sedang berjuang untuk mencapai konsensus mengenai langkah-langkah stimulus ekonomi AS. Mata uang Paman Sam melemah tipis 0,007 poin atau 0,01% ke level 95,110 pada pukul 11.10 WIB, sebelum bangkit naik 0,203 poin atau 0,21% ke 95,320 pada pukul 14.36 WIB.

Dilansir Reuters, Partai Republik dan Demokrat masih berbeda pendapat tentang berapa banyak yang harus dibelanjakan untuk bantuan pada tahapan berikutnya saat pembahasan proposal untuk memperpanjang asuransi pengangguran bagi warga yang di-PHK dan dana untuk sekolah. House of Representatives meloloskan RUU bantuan senilai 3 triliun dolar AS dua bulan lalu, yang diabaikan Senat yang mayoritas dari Partai Republik.

Loading...