Jenisnya Bermacam-macam, Cake Emulsifier Dibanderol dengan Harga Terjangkau

Cake Emulsifier bahan Pengembang Kue - www.fimela.comCake Emulsifier bahan Pengembang Kue - www.fimela.com

Dalam dunia baking ada istilah yang namanya cake emulsifier atau yang kerap disebut pengembang . Sesuai namanya, cake emulsifier sebenarnya memiliki peran atau yang lebih beragam daripada sekadar pengembang, yakni bisa sebagai pengemulsi atau penyatu bahan-bahan yang bertentangan (seperti dan bahan cair) dan juga bisa melembutkan adonan. Harga cake emulsifier di pun beragam, tergantung mereknya.

“Hasil panggangan kue dengan dan tanpa cake emulsifier juga beda. Kue dengan emulsifier pasti terasa lebih lembut dan berpori halus. Tidak salah juga kalau emulsifier disebut pengembang kue, meski tidak sekuat baking soda dan baking powder,” demikian seperti dilansir Resepkoki.

Selain yang biasa dilihat di supermarket, ada juga beberapa bahan yang bisa berfungsi sebagai emulsifier, misalnya saja kuning telur, madu, mustard, dan kedelai (soybean). Tetapi kadang penggunaan bahan-bahan tersebut dianggap kurang efisien, baik dari segi fungsi maupun biaya yang harus dikeluarkan, dibanding menggunakan emulsifier buatan pabrik.

Nah, untuk emulsifier yang sudah jadi atau buatan pabrik sendiri merk-nya ada banyak, misalnya saja Ovalet, TBM, hingga SP produksi Koepoe-Koepoe. Adapun harga TBM ukuran 80 gram Rp 17 ribuan di pasaran, kemudian untuk SP ukuran 30 gram harganya Rp 9 ribuan, dan Ovalett kemasan 75 g harganya Rp 11.900.

Lalu apa beda dari ketiga merek emulsifier tersebut? Pada dasarnya ketiganya sama-sama bertugas sebagai bahan pelembut kue, namun memiliki kualitas yang berbeda-beda. Varian SP biasanya lebih bagus untuk resep kue yang telurnya dikocok sampai kaku, sedangkan TBM mempunyai komposisi yang lebih kompleks dibandingkan ovalet. Meski demikian, baik SP, TBM, dan juga Ovalett sama-sama cocok digunakan untuk membuat adonan cake, donat, bolu, hingga es krim.

Bagi para umat muslim juga wajib memastikan apakah cake emulsifier yang hendak digunakan memang halal atau tidak. Tak perlu resah, pasalnya saat ini sudah banyak produk cake emulsifier yang sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI. tinggal melihat ada atau tidaknya logo halal pada kemasan cake emulsifier tersebut.

Loading...