Jenisnya Beragam, Tali Karmantel 12mm Dijual Mulai Harga Rp 1,9 Jutaan

Tali Karmantel - tendon.idTali Karmantel - tendon.id

Bagi yang biasa melakukan outdoor seperti panjat tebing, rappelling, atau sebagainya, tentu sudah tak asing lagi dengan kernmantel atau yang lebih sering disebut karmantel. karmantel adalah yang dirancang untuk keperluan aktivitas outdoor atau juga dapat digunakan untuk keperluan rescue. karmantel tersedia dalam berbagai diameter, seperti 10,5 mm, 12mm, atau sebagainya. tali karmantel bergantung dari dan mereknya.

Struktur tali karmantel ada dua, yang pertama adalah bagian inti yang terbuat dari serat nilon dan yang kedua adalah bagian luar yang melindungi serat inti. tali karmantel ada 3, yakni tali karmantel statis, karmantel dinamis, dan karmantel semi statis.

Tali karmantel statis memiliki kelenturan atau daya renggang cukup rendah, sekitar 15%. “Melihat kelenturan tali ini cukup rendah, untuk itu tali ini biasa digunakan untuk kegiatan rappelling dan caving gua vertikal. Ciri dari tali kernmantel statis ini adalah warnanya biasanya putih/polos dengan sedikit corak tujuannya agar terlihat apabila digunakan saat caving di gua yang gelap, yang kedua tali ini apabila dipegang dan ditekuk cukup kaku apalagi kalau kondisinya masih baru,” kata salah satu tali karmantel.

Kemudian untuk tali karmantel dinamis memiliki kelenturan antara 25-30%. Lantaran memiliki daya pantul yang lebih tinggi, tali ini kerap digunakan kegiatan climbing atau rock climbing agar bila pemanjat jatuh, maka pemanjat tidak langsung terhentak. Ciri tali karmantel dinamis biasanya memiliki yang terang dan mencolok, serta jika dipegang atau ditekuk lebih lentur.

Yang terakhir, tali karmantel semi statis memiliki daya renggang di antara jenis tali statis dan dinamis. Tali jenis semi statis biasanya dipakai untuk kegiatan rescue karena memiliki masing-masing sifat dari karmantel statis dan dinamis.

Sebagai , tali karmantel semi statis Adela ukuran 12mm x 150 meter sekitar Rp 6 juta per roll, kemudian karmantel 12 mm x 50 m harganya mulai Rp 1,9 jutaan hingga Rp 4 jutaan. Perlu diingat bahwa harga tali karmantel di setiap tempat bisa berbeda-beda.

Loading...