Jenis Beragam, Harga Pasir Kucing yang Bagus di Petshop Mulai Rp 40 Ribuan

Harga Pasir Kucing - www.ajanimo.comHarga Pasir Kucing - www.ajanimo.com

Bagi para pemelihara kucing, ada hal lain yang tak kalah penting dari pakan, yakni pasir. Pasir ini sangat penting agar kencing dan pup atau feses kucing tidak berserakan di sembarang tempat. dan merk pasir untuk kotoran kucing pun ada beragam serta biasanya dengan variatif di petshop.

Salah satu jenis pasir kucing yang paling umum ditemukan dan paling murah adalah zeolit. Banyak pemelihara kucing yang menggunakan zeolit lantaran ramah di kantong. Pasir zeolit ada bermacam-macam ukuran, mulai dari yang diameternya 1 mm, 2 mm, 3 mm, hingga 5 mm. Harga pasir kucing zeolit di petshop berkisar mulai Rp 40-60 ribuan untuk ukuran 25 kg.

Jenis yang kedua adalah pasir Bentonit. Pasir Bentonit yang dijual di petshop biasanya ada 2 macam, yakni Bentonit wangi dan yang tidak wangi. Perbedaan pasir Bentonit dari jenis yang lain, biasanya pasir ini akan menggumpal jika terkena cairan seperti kencing kucing. Oleh sebab itu juga disebut pasir gumpal. Sayangnya harga pasir Bentonit memang relatif lebih mahal. Harga pasir Bentonit yang tidak wangi berkisar mulai Rp 150 ribu untuk ukuran 25 kg, sedangkan yang wangi bisa dijual mencapai Rp 200 ribu. Tetapi ada juga pasir gumpal yang masih relatif murah, yakni Rp 60 ribu untuk ukuran 6 liter.

Berikutnya ada jenis kristal yang dengan harga Rp 80-90 ribu untuk 5 liter, dan pasir kucing jenis biodegradable yang terbuat dari bahan-bahan seperti jagung atau sebagainya. Harga pasir biodegradable cukup terjangkau, sekitar Rp 50 ribuan saja.

Bahkan belum lama ini mahasiswa jurusan biologi Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan pasir kucing dari batuan bentornet. “Tak hanya dari batuan bentornet, pasir kucing ini juga diolah dari limbah tahu dan sayuran yang dibuat dalam bentuk granula. Sedangkan, untuk mengurangi aroma bau tidak sedap pada kotoran kucing, kami menambahkan ekstrak deodoran beraroma melon, lavender, dan jeruk,” kata salah satu pencetusnya, Muhammad Kreshna Pangabdi, seperti dilansir Malangpost.

yang dinamai Krawil Sand ini telah dirintis sejak setahun belakangan dan tiap minggu mampu memproduksi sekitar 15-20 ton pasir kucing. Krawil Sand telah dipasarkan ke sejumlah daerah seperti Malang, Blitar, Kediri, dan Surabaya dengan harga Rp 10 ribu saja untuk kemasan seberat 3 kg. “Sejauh ini, pasir tersebut untuk kucing tapi sebenarnya jika ditujukan untuk lain juga bisa. Biasanya menggunakan pasir ukuran tiga kg ini selama dua minggu. Soal produksinya, kami membuat pasir kucing yang dijual sebanyak 15 ton per minggu,” paparnya.

Loading...