Jelang Ramadan, Harga Palm Sugar per Kg Dianggap Tidak Menentu

Palm Sugar - sos-chefs.comPalm Sugar - sos-chefs.com

Menjelang bulan Ramadan 2019, para aren di Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) justru mengeluhkan harga aren atau palm sugar yang kini dinilai anjlok. Di Anambas rupanya harga aren berkisar Rp 7.000 per tempong (ukuran tempurung kelapa).

Menurut salah satu petani gula aren, Ria, anjloknya harga gula aren tak sebanding dengan kebutuhan pokok yang menurutnya kian mahal. “Kalau harga terus terusan merosot lama-lama para petani kemungkinan akan pindah alih profesi. Kondisi itu diperparah dengan harga pokok (Sembako) yang cukup tinggi di KKA. Jujur saja, ya kalau hitung-hitungan bisa dikatakan tidak seimbang alias pas-pasan lah. Belum lagi untuk keperluan keluarga sehari-hari,” tutur Ria, seperti dilansir Sidaknews.

Lebih lanjut Ria mengungkapkan jika mayoritas sumber daya alam (SDA) di Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan adalah potensi penghasil gula aren terbesar di Anambas. Bahkan sebagian masyarakat setempat menjadi petani gula aren yang setiap hari menyadap gula dan memiliki kebun yang ada pohon arennya.

Sementara itu, Kartini, orang tua Ria menambahkan jika harga beli gula aren dari seperti Tarempa tidak menentu. “Kadang hanya Rp 5.000, jadi harganya tidak menentu, kadang naik kadang turun. Maka itu jadi pertanyaan besar para petani. Harga dilihat berdasarkan gula juga, nah ada yang bagus ada juga yang jelek. Kami berharap, mudah-mudahan harga gula aren bisa normal kembali seperti biasanya mencapai Rp 7.000-8.000 per tempong,” ucapnya.

Palm sugar atau gula palem selama ini kerap dijadikan pemanis untuk minuman hingga bahan untuk membuat cake. Palm sugar banyak di pasar-pasar tradisional, supermarket, maupun minimarket dalam berbagai dan juga kemasan.

Di pasaran harga palm sugar kemasan 200 gram dibanderol mulai Rp 12 ribuan, kemudian untuk kemasan 1 kilogram harganya berkisar Rp 48 ribuan per kg. Harga palm sugar per kg di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung merek dan juga kualitasnya.

Loading...