Jelang Idul Adha, Harga Telur Sekarang Berangsur Naik

Telur Ayam - pixabay.comTelur Ayam - pixabay.com

Menjelang hari besar keagamaan, sejumlah kebutuhan pokok memang cenderung mengalami kenaikan, tidak terkecuali dengan telur ayam. Beberapa hari menyongsong momen Idul Adha, telur ayam di sejumlah di beberapa di sekarang naik sekitar Rp500 hingga Rp1.000 per kilogram.

“Kenaikan harga telur ayam sudah terjadi sejak akhir pekan lalu. Kenaikannya pun terjadi setiap hari dengan kisaran Rp200 sampai dengan Rp500 per kilogram,” tutur Joss, salah satu pedagang telur di Pasar Pagi Tegal. “Akibatnya, harga telur ayam saat ini sudah mencapai Rp19.500 per kilogram dari sebelumnya yang hanya Rp18.500 per kilogram.”

Joss menambahkan, akibat kenaikan harga, ia mengaku mengalami penurunan omzet . Jika sebelumnya dirinya bisa menjual sekitar 60 peti telur ayam, tetapi kini hanya mampu menjual sekitar 40 peti telur ayam. “Kenaikan harga telur ini mungkin akan terus terjadi hingga hari H Idul Adha, biasanya mencapai Rp21.000 per kilogram,” sambungnya.

Serupa, harga telur ayam juga berangsur naik di Pusat Niaga Palopo, Kota Palopo, jelang perayaan Idul Adha tahun ini. Harga telur ayam yang awalnya berkisar Rp47.000 per rak, kini menjadi Rp50.000 per rak. “Namun, harga telur ayam ini masih bisa turun lagi ketika H-1 Idul Adha,” ujar Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Kota Palopo, Nurpatil.

Secara umum, harga telur ayam sendiri memang cenderung naik setelah adanya kebijakan pengendalian . Berdasarkan pantauan Ditjen Peternakan dan Kesehatan, harga telur ayam di wilayah Blitar stabil di angka Rp16.000 sampai dengan Rp16.500 per kilogram, di Yogyakarta berkisar Rp17.000 per kilogram, dan di Jabodetabek dijual sekitar Rp18.000 per kilogram.

“Dengan adanya kebijakan afkir usia 70 minggu, maka populasi ayam layer akan turun sehingga akan membuat harga telur di tingkat peternak berangsur naik,” jelas Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Indonesia, Singgih Januratmoko. “Kalau populasi ayam tidak turun, maka harga telur akan jatuh di bawah harga acuan.”

Loading...