Jelang Hari Raya Idul Adha 2017, Harga Daging Kambing Masih Stabil

Daging Kambing - www.fashion.physiolgenet.comDaging Kambing - www.fashion.physiolgenet.com

Menjelang Hari Raya Idul Adha 2017 kali ini kurban di sejumlah sudah mulai mempersiapkan persediaan sapi atau hidup untuk memenuhi konsumen, khususnya umat yang merayakan Idul Adha. kambing di beberapa daerah terpantau belum mengalami kenaikan. Misalnya saja di Surabaya yang sejak awal Agustus lalu harganya betah bertengger di angka Rp 80.000 per kg.

Lain lagi dengan di DKI Jakarta. Berdasarkan info dari resmi Informasi Pangan Jakarta, harga daging kambing di pasar tradisional berkisar antara Rp 110 ribu hingga Rp 120 ribu per kilogram. Di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur telah menyiapkan ratusan ekor sapi dan kambing yang siap menjelang Idul Adha 2017.

“Di tempat kami ada sekitar 70 hingga 100 ekor sapi jenis limousin, simmental, dan jenis sapi peranakan ongole (PO) yang dipersiapkan untuk dijual pada Idul Adha tahun ini,” kata Anang Fikri, Teknisi Kelompok Peternak Mandiri Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Selasa (8/8), seperti dilansir Kontan.

Menurutnya hingga 1 bulan menjelang Idul Adha, ada sekitar 32 ekor sapi hidup yang telah dipesan oleh pembeli untuk keperluan Idul Adha. Harga sapi per ekor berkisar mulai dari yang paling murah seharga Rp 17,5 juta hingga yang paling mahal dipatok Rp 25 juta per ekor, tergantung dari berat sapi tersebut. Sedangkan untuk kambing telah disiapkan sekitar 150 ekor.

“Kalau harga daging sapi hidup (dijual per kilogram) kami menjualnya Rp55.000 per kg, sama seperti daging kambing hidup Rp55.000 per kg,” imbuh Fikri.

Sementara itu, Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jawa Timur berencana mengadakan bazaar ternak hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha kelak. Bazaar ternak tersebut diselenggarakan di Kantor Disnak Jatim mulai 28 Agustus – 1 September 2017. Apabila biasanya sapi dijual dengan patokan harga, maka dalam bazaar tersebut akan menggunakan sistem penjualan berdasar bobot.

“Adanya sistem ini, maka pembeli akan lebih diuntungkan, karena akan tahu bobot hidup sapi yang dibeli, sehingga saat disembelih bisa diperkirakan berapa banyak daging yang bisa disalurkan,” papar Plt Kadisnak Jatim, Abdul Hamid.

Loading...