Janji Temu Bisa Dilakukan Secara Online, Apa Saja Syarat Pembuatan Visa Jepang?

Visa Jepang - www.satutours.co.idVisa Jepang - www.satutours.co.id

Sejak September 2017 lalu Kedutaan Besar Jepang telah membuka pusat di demi memudahkan Indonesia yang hendak melakukan pembuatan dan berkunjung ke Jepang. Pusat Aplikasi Jepang (JVAC) berlokasi di lantai 4 Lotte Shopping Avenue di Jakarta Selatan. JVAC sendiri sengaja disediakan untuk alternatif pengurusan selain di kedutaan dan travel agent. Menariknya, pengajuan janji temu aplikasi di JVAC bisa dilakukan secara .

Penjadwalan janji temu untuk aplikasi visa di JVAC dapat dilakukan secara online sehingga bisa lebih diprioritaskan dibandingkan pengajuan dengan datang langsung ke JVAC. Setidaknya terdapat 1 loket pengajuan visa di JVAC. Adapun biaya logistik untuk aplikasi visa dikenai Rp 155 ribu dan Rp 115 ribu untuk registrasi bebas visa bagi pemilik e-paspor.

Terdapat 3 visa untuk berlibur ke Jepang, yakni Single Entry dengan biaya Rp 370 ribu, Double/Multiple Entries Rp 740 ribu, dan visa transit Rp 90 ribu. Lalu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk pembuatan visa Jepang? “Untuk pengajuan visa beberapa dokumen yang harus disiapkan itu seperti rekening koran, paspor dan print out buku tabungan selama tiga bulan terakhir,” ujar Sales Executive Traveljepang.com, Ratna, seperti dilansir Viva.

Agar pengajuan visa tidak ditolak, rupanya ada beberapa ketentuan yang harus diketahui, misalnya saja jangan membiarkan data perjalanan di paspor masih kosong. “Usahakan minimal sudah mengunjungi beberapa seperti Malaysia atau Singapura jangan biarkan itu kosong, hal itu kadang membuat mereka curiga dan terkadang membuat pihak kedutaan menolak pengajuan visa itu,” jelas Ratna.

Pihak pemohon jika disarankan memiliki uang minimal dalam tabungan mencapai Rp 50 juta. “Untuk visa untuk ke Jepang masa berlakunya kini delapan bulan, kalau dahulu enam bulan. Kalau untuk yang baru pertama kali banget masa berlakunya enam bulan,” ungkapnya.

Dokumen yang menjadi persyaratan pembuatan visa Jepang antara lain paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan dan paspor lama, formulir aplikasi, foto terbaru ukuran 4,5 x 4,5 cm 2 lembar background putih, surat sponsor dari perusahaan/tempat usaha, fotokopi KTP, KK, akta nikah, akta lahir, fotokopi keuangan tabungan 3 bulan terakhir, hingga print out tiket (dari Indonesia dan kembali ke Indonesia).

Loading...