Jangan Sembarangan, Ini Susu yang Direkomendasikan untuk Bayi 6 Bulan ke Atas

Bayi Minum Susu - disehat.com

Bagaimanapun juga, air susu (ASI) adalah terbaik bagi yang baru lahir. Akan tetapi pada kondisi tertentu kadang jumlah ASI yang keluar dari sang ibu tidak bisa mencukupi kebutuhan sang . Oleh sebab itu saat sudah berumur 6 bulan ke atas biasanya para ibu ada yang memutuskan untuk memberikan susu formula sebagai selingan atau memberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Lalu susu seperti apa yang sebenarnya cocok untuk usia 6 bulan ke atas?

Rupanya setiap susu formula terdiri dari kumpulan nutrisi utama, yakni , karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Yang membedakan adalah jenisnya. Misalnya A menggunakan jenis whey, merk B memakai jenis casein, dan C memakai gabungan keduanya.

“Umumnya semua susu formula memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Hanya terkadang perbedaan terdapat pada jenis protein yang diberikan serta jumlahnya,” kata dr. Tantya Marlien, seperti dilansir Alodokter.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah, pastikan pada kemasan susu tertulis jika produk tersebut cocok dikonsumsi bayi baru lahir. Adapun untuk bayi baru lahir dan masih di bawah usia 1 tahun biasanya disarankan untuk mengonsumsi susu formula yang berasal dari susu sapi. Kemudian protein jenis whey lebih direkomendasikan karena dinilai lebih mudah dicerna.

Para ibu juga bisa memilih produk yang menggabungkan protein whey dan casein. Namun komposisi whey harus lebih tinggi dari casein, rasionya antara whey dan casein sekitar 60:40. Rasio tersebut diklaim setara kandungan protein pada ASI.

“Jika pemberian susu formula tidak menimbulkan gangguan buang air besar, bayi tidak kembung, tidak ada ruam atau kemerahan pada tubuh maka dapat dikatakan bayi Anda tidak alergi terhadap susu sapi,” imbuh dr. Tantya.

Di ada banyak pilihan susu bayi 6 bulan ke atas, misalnya Dancow Danstart Excelnutri 6-12 bulan, SGM Ananda 2, Enfamil A+ 2, Frisian Flag Langkah 6-12 bulan, S26 Promil Gold, Chil Mil Soya, Lactogen 2 Gold, Nutribaby Royal 2, dan masih banyak lagi.

Loading...