Jangan Sampai Telat! Ini Syarat dan Biaya Perpanjang SIM A di Mobil Keliling

Biaya Perpanjang SIM di Mobil Keliling - wartakota.tribunnews.comBiaya Perpanjang SIM di Mobil Keliling - wartakota.tribunnews.com

Surat Izin Mengemudi () adalah salah satu penting yang perlu diperpanjang secara berkala karena memiliki masa berlaku 5 tahun, sesuai dengan tanggal lahir. Apabila masa berlakunya akan habis, pemegang diwajibkan untuk memperpanjang setidaknya beberapa hari sebelum tanggal yang tertera pada . Perpanjang A maupun C bisa dilakukan di Satuan Penyelenggaraan (Satpas) atau di pelayanan keliling.

“Sesuai dengan pasal 11 ayat (1) Perkap No 9 Tahun 2012 masa berlaku SIM 5 (lima) Tahun dan dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya,” ujar Kasi Satpas SIM Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, seperti dilansir Detik.

Fahri mengatakan, apabila pemegang SIM terlambat memperpanjang SIM sehari saja, maka diharuskan untuk kembali mengikuti ujian di Satpas setempat. “Untuk penerbitan SIM ( DKI Jakarta) dapat dilakukan di Satpas di 5 DKI Jakarta, pelayanan SIM Keliling dan Gerai SIM,” ujarnya.

Namun di layanan mobil keliling, biasanya hanya 2 SIM yang bisa diperpanjang, yakni SIM A (untuk kendaraan roda empat atau mobil) dan SIM C (kendaraan roda 2 atau sepeda motor). Syarat yang dibutuhkan untuk perpanjangan SIM A di mobil keliling cukup mudah. Pemohon hanya perlu melengkapi dokumen persyaratan seperti fotokopi KTP sebanyak 2 lembar, fotokopi SIM lama serta SIM asli yang masih berlaku, dan bukti cek .

Selain itu, pemohon sebaiknya membawa alat tulis seperti pulpen lantaran di mobil keliling biasanya tidak menyediakan alat tulis untuk mengisi formulir permohonan perpanjang SIM A. Berdasarkan Peraturan (PP) Nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya perpanjang SIM A adalah Rp 80.000.

Selain membayar biaya pokok untuk perpanjang SIM A, pemohon juga akan dikenai biaya untuk tes kesehatan dan asuransi. Tahun 2017 lalu pemeriksaan kesehatan dikenai biaya Rp 25 ribu dan asuransi Rp 35 ribu. Namun tahun 2018 ini kabarnya mengalami kenaikan, sehingga biaya asuransi dipatok Rp 50 ribu dan tes kesehatan Rp 40 ribu. Jadi kira-kira total biaya yang dibutuhkan untuk perpanjang SIM A di mobil keliling lengkap dengan biaya administrasi adalah sekitar Rp 170 ribu.

Loading...