Jangan Sampai Rusak, Harga Kipas Magnet Vespa PX Baru Rp 1 Jutaan

Kipas magnet sepeda motor Vespa - ryansyah97.blogspot.com

Kipas magnet pada sepeda motor Vespa adalah bagian yang cukup vital. Kipas magnet pada Vespa 2-tak berfungsi sebagai pendingin ketika bekerja. Tetapi, seiring berjalannya waktu kipas magnet tersebut bisa saja mengalami kerontokan di beberapa siripnya dan mengakibatkan mudah panas dan menghambat kinerja Vespa kesayangan. Lalu, bagaimana solusinya?

Derin, punggawa bengkel Derin Motor Sport (DMS) di bilangan Kemayoran menjelaskan bahwa beberapa pemilik Vespa bermesin konvensional memang jarang mengalami rontoknya sirip kipas pada magnet. Namun kipas magnet yang rontok bisa diperbaiki dengan mengganti kipas dari plastik atau babet. “Kalau kita sengaja membeli magnet orisinil, harganya terlalu mahal. Bisa di atas Rp 1 juta,” ujar Derin, seperti dilansir Otosia.

Sebagai , berdasarkan penelusuran dari beberapa - yang ada di , kipas magnet Vespa PX memang relatif mahal. Untuk kipas magnet bekas copotan Vespa PX saja bisa mencapai Rp 400-600 ribu, kemudian kipas magnet bekas untuk Vespa Excel Rp 550 ribuan, lalu kipas magnet second PX Platina Original Rp 500 ribuan. Sedangkan kipas magnet Vespa Excel PX Exclusive kondisi baru berkisar Rp 1.050.000.

Menurut Derin, agar tidak mengeluarkan yang terlalu mahal, kipas magnet bisa diperbaiki dengan cara membawanya bengkel atau tukang bubut. Caranya, lepaskan magnet dari mesin Vespa lalu bawa ke bengkel bubut untuk menghaluskan semua sisa sirip yang rontok. Ongkos bubut pun kabarnya tidak sampai Rp 100 ribu.

Sembari menunggu pembubutan, pemilik Vespa dapat membeli kipas magnet dari bahan plastik atau babet. “Biar awet, pakai kipas dari bahan babet saja. Karena, bahan dari plastik biasanya untuk spek balap (racing) yang hanya sekali pakai,” papar Derin.

Kemudian kipas magnet yang telah dibubut, dibor dan ditap untuk lubang baut berukuran 11 inci. Siapkan 4 lubang berikut baut dan ringnya. Setelah 4 lubang rampung dibuat, kipas babet bisa dipasang dengan mengencangkan keempat bautnya. Namun perlu diperhatikan agar panjang baut tidak sampai menembus dan mengenai spul magnet. Barulah kipas magnet dapat dipasang kembali pada mesin Vespa. Cukup mudah bukan?

Loading...