Jangan Sampai Rusak, Biaya Ganti LCD iPhone 6 Bisa Sampai Rp 800 Ribuan

iPhone 6 - www.techradar.comiPhone 6 - www.techradar.com

Tren ponsel saat ini rupanya kian bergeser. Jika dulunya cenderung tebal dan berukuran besar, maka semakin ke mari pun ukuran ponsel dirancang setipis mungkin dan nyaris tanpa bezel atau pinggiran. Desain HP demikian memang benar-benar terlihat mewah dan memuaskan mata. Akan tetapi konsekuensinya yang dibutuhkan untuk mengganti LCD apabila ponsel bermasalah pun akan semakin mahal.

Sebagai contoh untuk seri iPhone 6. Biaya ganti kaca LCD iPhone 6 yang retak, pecah, atau rusak bisa cukup mahal, berkisar antara Rp 400 ribuan hingga Rp 800 ribuan, tergantung di mana LCD dilakukan. “Penyebab umum yang menyebabkan kerusakan pada LCD iPhone adalah, dikarenakan terkena tekanan yang terlalu keras, seperti masuk ke dalam saku celana yang terlalu ketat atau bisa juga dikarenakan terkena benturan yang cukup keras, seperti terjatuh atau terbentur benda keras lainnya,” kata salah satu penyedia jasa service iPhone, Irepairaba.

Untuk beberapa seri lama seperti iPhone 5S atau iPhone 5 biaya ganti LCD masih relatif lebih murah, sekitar Rp 450 ribu, sedangkan untuk LCD iPhone 4/4S biaya penggantiannya sekitar Rp 350 ribuan. Apabila semakin canggih seri ponsel iPhone yang dibenahi, maka biaya penggantian LCD-nya pun semakin mahal.

Sebagai contoh untuk ponsel anyar besutan Apple, iPhone X. Ponsel dengan desain tipis ini rupanya disebut-sebut sebagai smartphone paling ringkih dan menghabiskan biaya paling mahal untuk perbaikannya. Padahal Apple mengklaim jika iPhone X adalah ponsel tercanggih dalam 10 tahun perjalanan Apple memproduksi smartphone.

Sayangnya karena kecanggihan dari iPhone X tersebut membuat biaya reparasi ponsel pintar ini pun jauh lebih mahal dari iPhone 8 Plus atau Samsung Galaxy S8 yang layarnya juga terbuat dari material kaca. Salah satu perusahaan reparasi asal Amerika Serikat, iFixit menuturkan jika pengguna iPhone X harus mengganti seluruh bagian apabila bagian belakangnya pecah.

Berdasarkan informasi di Apple, biaya penggantian tersebut menghabiskan biaya sekitar USD 549 (setara Rp 7,6 jutaan). tersebut terpaut USD 150 lebih mahal dari iPhone 8 Plus. Padahal kabarnya menurut penelusuran TechInsight, Apple hanya menghabiskan sekitar USD 358 untuk membangun 1 unit iPhone X. Alhasil Forbes menyebutkan jika Apple mencari tambahan keuntungan sekitar USD 191 dari metode reparasi dengan biaya yang mahal tersebut.

Loading...