Jangan Sampai Hilang atau Rusak, Ini Repot & Mahalnya Biaya Urus Ganti Paspor Rusak

Paspor Republik IndonesiaPaspor Republik Indonesia - www.buset-online.com

adalah dokumen penting yang diperlukan seseorang saat hendak bepergian ke . Karena merupakan dokumen negara, maka pemegangnya pun diharuskan untuk lebih berhati-hati dalam menyimpan dan menjaga paspor supaya tidak rusak atau bahkan hilang. Lantas apa yang harus dilakukan jika paspor rusak dan berapa yang dibutuhkan untuk mengurusnya?

Apabila paspor rusak, sang pemilik diminta agar segera melapor ke Kantor di mana pemegang berdomisili untuk meminta penggantian dengan membawa paspor yang rusak tersebut. Penggantian paspor yang rusak dilaksanakan setelah melalui Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan mendapatkan persetujuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI dalam hal ini Kepala Divisi Keimigrasian.

“Apabila tidak terdapat unsur kesengajaan, maka kepadanya dapat diberikan penggantian paspor,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum dan HAM Sulawesi Utara, Dodi Karnida, seperti dilansir Tribunnews.

Namun apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima, maka pemberian paspor dapat ditangguhkan selama 6 bulan sampai paling lama 2 tahun. Lain lagi jika paspor ternyata rusak di luar negeri, maka sebaiknya segera lapor pada Perwakilan RI di luar negeri.

Biaya ganti paspor rusak yang ada unsur kelalaian atau kesengajaan dari pemegang paspor akan dikenai denda sebesar paspor sebesar Rp 355 ribu (paspor biasa 24 halaman). “Jadi jika ada unsur kelalaian atau kesengajaan. Maka pemohon harus membayar paspor sebesar Rp 710.000,” sambung Dodi. Sedangkan untuk e-paspor biayanya lebih lagi, sekitar Rp 1.255.000.

Prosedur pengurusan ganti paspor yang rusak memang lebih rumit dibandingkan paspor baru. Pasalnya sang pemohon harus memenuhi segala persyaratan sesuai -syarat permohonan paspor, melampirkan paspor yang rusak, Berita Acara Pemeriksaan, proses Berita Acara Pendapat, proses surat/rekomendasi ke Kanwil untuk paspor rusak yang masih berlaku. Proses ini kabarnya memakan waktu maksimal 2 hari kerja.

Setelah mendapat Surat Rekomendasi dari Kanwil, maka akan berlanjut proses awal pembuatan paspor maksimal 4 hari kerja. “Hal seperti ini perlu untuk diketahui oleh agar mereka dapat memelihara paspornya dengan baik karena bagaimanapun paspor itu adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah sehingga tidak boleh rusak terkena air, dicoret-coret, sobek, terbakar atau bahkan hilang,” tandasnya.

Loading...