Jangan Panik, Ini Cara & Biaya Mengurus STNK Hilang 2019

Biaya Mengurus STNK Hilang - suratanmakna.blogspot.comBiaya Mengurus STNK Hilang - suratanmakna.blogspot.com

Dokumen-dokumen berharga seperti KTP, SIM, hingga STNK memang sudah seharusnya disimpan secara benar agar tidak mudah hilang. Namun terkadang meski sudah disimpan sedemikian rupa, sang tetap bisa saja mengalami musibah hingga dokumen-dokumen penting tersebut hilang atau tertinggal di suatu tempat. Lalu bagaimana cara mengurus STNK yang hilang? Berapa yang harus dikeluarkan?

“Mudah kok, tidak rumit seperti yang dibayangkan oleh banyak orang, biayanya cukup murah,” ujar Kepala Bidang Regident Korlantas Polri Kombes Pol Refdi Andri, seperti dilansir Viva. Langkah pertama yang bisa dilakukan jika STNK hilang adalah dengan membuat surat kehilangan dari kepolisian terdekat. “Nah dengan adanya surat itu, bukti akan autentik nanti pas dilakukan pembaruan di Samsat. Kalau misalkan rusak kan bisa juga dicek,” ucap Refdi.

Kemudian sang pemilik dapat menyiapkan berkas permohonan kelengkapan surat untuk administratif. “Misalnya KTP pemilik , fotokopi STNK yang hilang, surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian, BPKB,” jelas Refdi. Untuk yang berstatus kredit juga bisa melengkapi syarat berupa cek fisik yang sudah dilegalisir hingga surat keterangan leasing.

Apabila semua berkas telah dilengkapi, pemilik kendaraan bisa melakukan registrasi ke kantor Samsat terdekat. Hal ini dilakukan untuk mengecek fisik kendaraan berupa nomor rangka dan apakah sudah sesuai atau belum. “Nah, kalau sudah beres dan sesuai tinggal mengurus blokir STNK yang hilang. Bisa melakukan pembuatan STNK baru kalau tidak ada tunggangan pajak, kalau masih ada tidak bisa,” bebernya.

Jika status STNK hilang, maka pemilik kendaraan nantinya memperoleh STNK duplikat. Fungsi STNK Duplikat sendiri sama seperti STNK asli karena diterbitkan sebagai pengganti STNK yang rusak atau hilang. Selama proses pengurusan STNK Duplikat, pemohon pun akan diberi surat keterangan oleh Samsat. Surat tersebut dapat dipergunakan ketika berkendara di jalan untuk pengganti STNK sementara hingga STNK Duplikat resmi diterbitkan.

Adapun biaya pembuatan STNK Duplikat tahun 2019 kabarnya sama seperti pembuatan STNK baru. “Biayanya sesuai dengan PNBP (Penerimaan Negara Bukan pajak), tergantung jenis kendaraan. Roda dua (sepeda motor) kalau tidak salah Rp 100 ribu, untuk roda empat (mobil) Rp 200 ribu,” tutupnya.

Loading...