Jangan Asal Murah, Besi Behel 12mm SNI Biasanya Dijual Mulai Harga Rp 80 Ribuan

Besi Behel - besiawi.comBesi Behel - besiawi.com

behel atau yang kerap disebut beton termasuk salah satu yang penting dalam konstruksi. Besi behel biasanya digunakan sebagai penyokong kekuatan suatu , terutama jembatan, gedung bertingkat, irigasi, perumahan, dan drainase jalan. Akan tetapi pemakaian besi behel untuk kebutuhan perumahan kabarnya berbeda dari penggunaan besi behel pada gedung bertingkat. Besi behel biasanya tersedia dalam berbagai , mulai dari 6 mm, 8 mm, 12mm, dan masih banyak lagi. Harganya pun bervariasi tergantung dari ukurannya.

Sebagai , besi behel 12 mm berstandar SNI dijual dengan mulai dari Rp 80 ribuan hingga Rp 95 ribuan. Sedangkan besi behel 12 mm Krakatau Steel harganya lebih mahal, berkisar Rp 100 ribuan per batang.

Besi behel sendiri terdiri dari beberapa bentuk, yakni besi behel polos atau plain bar hingga besi beton ulir atau deformed bar. “Besi beton polos memiliki penampang bundar dengan permukaan licin atau tidak bersirip. Sedangkan besi beton ulir bentuk permukaannya berupa sirip melintang atau rusuk memanjang dengan pola tertentu,” demikian seperti dilansir Besibeton.

Karena fungsinya cukup vital, pemilihan besi behel ternyata tidak boleh sembarangan. Masyarakat Indonesia umumnya lebih dianjurkan untuk membeli produk besi behel yang mengantongi sertifikasi Standar Indonesia (SNI). Pasalnya kini banyak beredar besi behel tidak terstandar dan juga besi behel palsu yang terbuat dari kawat baja, tetapi diklaim sebagai besi behel polos.

Meskipun harganya mungkin lebih murah, tetapi penggunaan besi behel palsu atau tidak terstandar justru akan merugikan konsumen sendiri. Cara mengetahui apakah produk besi behel sudah terstandar atau belum bisa dilihat dari adanya logo huruf timbul SNI pada besi beton tersebut. Standar yang diberlakukan meliputi batas toleransi diameter, panjang, berat, kecacatan, dan juga bahan pembuat besi beton.

Adapun untuk panjang besi behel standar biasanya adalah 12 meter, kemudian batas toleransi diameter berkisar lebih kurang 0,2 mm, dan besi behel SNI biasanya memiliki bentuk yang relatif bundar dan tidak ada cacat atau garis yang melenceng.

Loading...