Jalan Lebih Awet, Berapa Harga atau Biaya Cor Beton Jalan per Meter?

Cor Beton Jalan - www.jabarpublisher.comCor Beton Jalan - www.jabarpublisher.com

Cor dengan beton menjadi solusi yang masuk akal untuk mencegah jalan tergenang air (becek) ketika hujan cukup deras sekaligus mempermudah akses perjalanan . Saat ini, sudah banyak konstruksi yang menawarkan cor beton jalan dengan atau sekitar ratusan ribu per meter persegi.

Jalan yang dicor dengan beton telah menjadi komitmen sejumlah daerah, termasuk Kecamatan Sukra di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pengecoran jalan dengan beton dipilih agar akses jalan menjadi lebih mulus dan kondisi jalan bisa lebih awet, yang akhirnya mampu mendorong perekonomian, pendidikan, dan kesehatan masyarakat setempat.

“Betonisasi merupakan komitmen pemerintah kabupaten yang bertujuan agar semua jalan di Kabupaten Indramayu dapat dilalui dengan mulus sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Camat Kecamatan Sukra, Rory Firmansyah, beberapa waktu yang lalu. “Dengan adanya ini, berarti jalan-jalan kabupaten di Kecamatan Sukra hampir semuanya sudah dicor dengan beton.”

Untuk melakukan pengecoran jalan dengan beton, biasanya harus diketahui dulu kondisi jalannya. Untuk jalan raya, biasanya beton yang digunakan terdiri dari dua lapisan, yaitu B0 sebagai dasaran dan K250 sampai K350 sebagai lapisan finishing. Sementara, untuk jalan biasa seperti jalan kompleks perumahan dan gang, beton yang digunakan umumnya K250 atau K300 dengan besi 10-12 mm.

Salah satu kontraktor mematok biaya cor beton jalan sekitar Rp325 ribu per meter persegi untuk beton tipe K250 plus B0, Rp327 ribuan per meter persegi untuk beton K300 plus B0, dan Rp329 per meter persegi untuk beton K350 plus B0. Biaya tersebut sudah termasuk ongkos tukang sebesar Rp25 ribu per meter persegi dan biaya bekisting & besi sebesar Rp184 ribu per meter persegi.

Sementara, untuk harga beton cor, bervariasi tergantung tipe beton cor yang bersangkutan. Harga beton cor B0 sekarang sekitar Rp690 ribuan per m3, beton cor K125 Rp730 ribuan per m3, beton cor K175 dilepas Rp760 ribuan per m3, beton cor K200 ditawarkan Rp780 ribuan per m3, dan beton cor K500 memiliki harga termahal, yaitu Rp1 jutaan per m3.

Loading...