Jadi Tujuan Wisata Mempesona di Palu, Ini Kisaran Biaya Perjalanan ke Pulau Togean

Biaya, perjalanan, ke, Pulau, Togean, Kepulauan, kapal, sewa, penyeberangan, speed boat, Hercules, wisata, wisatawan, pengunjung, akomodasi, transportasi, homestay, penginapan, bungalow, listrik, penerangan, akses, internet, telekomunikasi, telepon, Palu, Sulawesi Tengah, liburanGugusan pulau-pulau kecil Togean (sumber: balingbalingbambu.co)

Dalam beberapa waktu terakhir, Kepulauan Togean di Palu, Sulawesi Tengah, menjadi tujuan yang mempesona dan tentu indah untuk diunggah di media sosial Instagram. Kepulauan Togean yang ada di wilayah Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Sulawesi Tengah ini menjadi salah satu tujuan warga Kota Palu untuk mengisi .

“Momen liburan Lebaran kali ini, saya bersama dengan keluarga berencana berlibur di Kepulauan Togean,” kata Frita, warga Kota Palu, dilansir Antara.

Kepulauan Togean dikenal akan keindahan pulaunya dengan laut yang jernih dan pasir putih serta taman laut yang sangat diminati para penyelam dari seluruh dunia. Di wilayah Kepulauan Togean, juga masih ada satwa endemik seperti babi rusa, burung rangkong, tarsius, monyet Togean, berbagai jenis karang, biawak Togean, penyu dan kepiting kenari dan beberapa laut yang indah dipandang.

Togean adalah tempat yang paling tepat bagi Anda pecinta pantai dan alam bawah laut. Anda bisa berkeliling ke pulau-pulau kecilnya dengan kapal sewaan, canoeing, snorkeling, atau bahkan diving.

sewa perahu cukup bervariasi. Untuk perahu berkapasitas 8 orang, Anda bisa menyewanya dengan sekitar Rp550 ribu per hari dengan rute Pulau Kadidiri, Katupat, Malenge, dan Waleakodi. Jika Anda ingin melihat gunung api di Togean, Anda bisa memperpanjang rute ke Pulau Una-una dengan tambahan sekitar Rp200 ribu.

Berbicara soal ke Pulau Togean, dulu beberapa pengunjung yang pernah mengunjungi Togean, sempat mengeluhkan susahnya akses ke sana. Mereka harus mengambil penerbangan ke Gorontalo yang terletak di sebelah utara sebelum melanjutkan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean. Itupun juga tidak bisa dilakukan setiap hari, karena kapal ini hanya berangkat pada hari Selasa dan Jumat sekitar pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh lebih kurang 12 jam.

Nah, saat ini transportasi menuju ke Pulau Togean menjadi lebih mudah berkat dibangunnya Bandara Tanjung Api Ampana. Dari Ampana, ada beberapa cara untuk mencapai Kepulauan Togean yang terletak di utara, salah satunya dengan menggunakan kapal rakyat, yaitu Kapal Puspita Sari atau Lumbalumba menuju Wakai, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan yang beroperasi setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu sekitar pukul 10.00 WITA. Atau bisa juga menggunakan kapal feri Tuna Tomini yang berangkat dari Ampana setiap hari Senin, Kamis, dan Minggu pada jam yang sama dengan kedua kapal sebelumnya. Biaya penyeberangan untuk kedua kapal ini adalah sekitar Rp65.000, sekali jalan.

Apabila mau lebih cepat tiba di Togean, Anda dapat menggunakan speed boat Hercules yang memiliki kapasitas maksimal hingga 40 orang, dengan biaya Rp130.000, per orang sekali jalan dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam untuk sampai di Wakai. Namun yang perlu diingat adalah, kapal cepat ini cuma berangkat sekali sehari pada pukul 09.00 WITA dan sangat sering penuh, sehingga dibutuhkan pemesanan sebelumnya.

Sementara untuk akomodasi, di Taman Nasional Kepulauan Togean terdapat berbagai macam penginapan yang tersebar pada pulau-pulau besar di sana. Mulai dari homestay sederhana, bungalow kelas menengah, hingga resort mewah ada di sana. Penginapan-penginapan paling terkenal di Togean, diantaranya adalah Kadidiri Paradise Resort dan Black Marlin yang terletak di Pulau Kadidiri, Fadhila Cottages di Pulau Pangempang, atau Bolilanga Resort.

Sekadar informasi, karena belum adanya listrik yang mengaliri pulau sepanjang hari, maka penerangan dan kelistrikan di pulau ini sangat bergantung kepada genset yang hanya menyala selama beberapa jam dari sore ke malam. Selain itu, di pulau ini juga tidak terdapat sambungan telekomunikasi, baik telepon maupun internet.

Loading...