Jadi Transportasi Favorit, Harga Tiket Ferry dari Batam ke Bintan Mulai Rp 49 Ribu

Harga Tiket Ferry - www.wisatago.comHarga Tiket Ferry - www.wisatago.com

Walau tidak sepopuler moda udara dan juga darat, Indonesia belum bisa sepenuhnya lepas dari jalur transportasi laut. Seperti diketahui, jalur transportasi laut di Indonesia dikelola oleh PT Pelni. Ada beberapa kapal motor yang melayani berbagai destinasi di Tanah Air, salah satunya seperti KM Kelud.

Kapal Motor (KM) Kelud melayani penyeberangan dari Pelabuhan Batu Ampar (Batam) menuju Pelabuhan Kijang (Bintan) dengan seminggu sekali. Namun terkadang Pelni menambah sewaktu-waktu, seperti ketika memasuki high season musim mudik Lebaran dan sebagainya. Tersedia beberapa di KM Kelud. Adapun tiket ferry dari Batam ke Bintan untuk 1A – A Rp 138 ribu (dewasa) dan Rp 19 ribu untuk bayi, 1B – B Rp 115 ribu untuk dewasa dan Rp 16 ribu untuk bayi.

Kemudian untuk kelas 2A – C dikenai tarif Rp 83 ribu atau Rp 13 ribu untuk bayi, kelas 2B – D biaya tiketnya Rp 78 ribu (dewasa) dan Rp 13 ribu (bayi), kelas – E dikenai tiket seharga Rp 49 ribu dan Rp 10 ribu untuk bayi, serta kelas EWA – W tiketnya sama dengan , yakni Rp 49 ribu per orang.

“KM Kelud dibangun tahun 1998 di Jerman dengan 2 unit mesin masing-masing punya power 8.520 KW, jadi 17.040 KW. Mesinnya diadakan perawatan secara berkala sesuai dengan petunjuk dari pabriknya,” kata Direktur Armada dan Teknik Pelni, O.M. Sodikin, seperti dilansir Detik.

Beberapa tahun lalu KM Kelud mengalami pembenahan sehingga bernuansa lebih . Pelni melakukan perbaikan di kamar mandi dan WC kelas ekonomi, penggantian vinyl lantai ekonomi, perbaikan bagian cafetaria di lantai 8, perbaikan sistem pendingin ruangan, dan perbaikan bagian lambung kapal dengan pengecatan ulang.

KM Kelud memiliki panjang 148 meter, lebar 28 meter dan tinggi 25 meter. Kapal satu ini mampu menampung 1906 penumpang yang meliputi 64 orang di kelas 1 A, 80 orang di kelas 1 B, 252 orang di kelas 2 A, 112 orang di kelas 2 B, dan 1398 di kelas ekonomi, ditambah dengan jumlah ABK sekitar 157 orang.

Loading...