Jadi Topik Hangat, Harga Beras Maknyuss Kemasan 5 Kg di Alfamart Rp82 Ribuan

Beras - www.glosiran.comBeras - www.glosiran.com

merek Maknyuss saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di . Pasalnya, yang telah beredar di berbagai toko maupun minimarket, seperti Alfamart, dengan harga normal Rp82 ribuan untuk kemasan 5 kg tersebut, diduga mengandung kecurangan dan pemalsuan mutu yang dilakukan oleh PT Indo Unggul (PT IBU) selaku .

“PT IBU dianggap melanggar aturan karena membeli gabah dengan harga lebih mahal dari yang telah ditetapkan pemerintah,” jelas Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto. “Dalam aturan Menteri Nomor 47/M-Dag/Per/7/2017, harga acuan pembelian di petani sebesar Rp3.700 per kg untuk gabah panen dan Rp4.600 per kg untuk gabah kering giling. Namun, perusahaan selama ini membeli dengan harga Rp4.900 per kg.”

Meski hal tersebut dianggap menguntungkan petani, namun bisa mematikan usaha penggilingan kecil yang seharusnya terlibat dalam rantai produksi. Di samping itu, PT IBU juga dianggap memasang harga jual yang mahal per kilogram-nya, yaitu Rp13.700 sampai Rp20.400 per kg. Selain itu, produsen diduga memalsukan isi beras IR64 yang merupakan beras subsidi, namun dikemas dan dijual menjadi beras premium.

Beras merek Maknyuss sendiri sudah dijual bebas di berbagai swalayan dan warung grosir, termasuk di minimarket seperti Alfamart. Di samping itu, kendati sudah terindikasi melakukan pengoplosan dan penipuan kandungan gizi kepada , namun beras premium merek Maknyuss masih tetap stabil di pasaran.

“Sejauh ini, permintaan masih stabil dan tidak berdampak kepada penjual maupun pasokan barang,” kata Divisi Manager Food and Business Hypermart Solo Grand Mall, Hasyim. “Dalam satu bulan, kami mampu menjual beras premium tersebut sekitar 12 pcs, dengan berat 5 kg per pcs-nya. Sedikitnya peminat itu karena harganya yang dinilai cukup mahal jika dibandingkan dengan beras lainnya.”

Loading...